18 May 2021, 10:37Mata

Mata minus kenapa semakin blur jika lepas kacamata?

NH
Info Penanya: NH0
Dok, kan saya kemarin hari pertama memakai kacamata minus, nah saya lepas kan kalo mau tidur tapi kenapa ya kok pandangan saya makin blur meskipun jaraknya dekat, kalo belum pake kacamata tuh blur nya jauh aja. Itu kenapa ya dok?
148 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo H,Mata minus atau miopi dapat terjadi jika Anda kesulitan melihat benda yang jauh. Orang dengan keluhan rabun jauh memiliki gangguan yaitu bayangan benda jatuh di depan retina dan kacamata minus atau lensa cekung akan membantu memundurkan titik jatuhnya bayangan benda agar tepat pada retina. Awal mneggunakan kacamata memang dapat mneyebabkan rasa tidak nyaman namun akan lebih baik untuk tetap memakainya agar minus tidak semakin besar.Tidak menggunakan kacamata, akan menyebabkan otot mata terus menerus berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan jatuhnya titik bayangan benda di depan retina dan hal ini menyebabkan keluhan dapat semakin memburuk karena mata akan semakin "nyaman" dengan kondisi yang tidak seharusnya.

Kacamata kurang nyaman

Saat Anda melepaskan kacamata, otot mata akan berkontraksi untuk menyesuaikan diri dengan keadaan tanpa bantuan dari lensa sehingga sangat mungkin dapat terjadi pengelihatan yang buram sesaat. Namun ketika otot mata sudah menyesuaikan diri kembali dalam beberapa menit tentu keluhan ini akan menghilang dengan sendirinya.Selain itu keluhan bisa juga terjadi karena mata Anda belum terbiasa menggunakan kacamata. Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis mata.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan matamata minuskaca mata anti sinar biru
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil