Mata minus, bisa sembuh?

AP Info Penanya: AP, Wanita, 16 Tahun
Dok, saya mau tanya. Apa benar mata minus tidak bisa sembuh? Tp, katanya ada obat yg dapt menurunkan angka minus.. Apakah benar dpt menguranginya tanpa efek samping penambahan minus?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Mata minus atau rabun jauh adalah gangguan refraksi yang sering terjadi dimana perlu dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak. Jika mengalami kesulitan membaca di area atau jarak yang jauh maka segera periksakan mata ke optik atau ke dokter mata. Nantinya akan dibuatkan kacamata yang sesuai dengan ukurannya agar dapat mengkoreksi tajam penglihatan dengan baik.

Selain dengan kacamata bisa juga dilakukan operasi LASIK, tapi salah satu syaratnya adalah sudah berusia lebih dari 18 tahun dan LASIK juga bisa mengatasi minus yang cukup besar. Untuk itu bisa ceritakan pada orang tua agar mengantar memeriksakan diri pada dokter mata.

Untuk obat, tetes mata atau terapi lain tidak ada yang terbukti efektif menyembuhkan mata minus. Usahakan jaga kesehatan mata dengan beberapa cara seperti:

  • Jaga kebersihan mata
  • Batasi penggunaan gadget atau layar komputer dalam waktu lama
  • Makan makanan bernutrisi
  • Lindungi mata dari debu dan alergen lain
  • Gunakan kacamata hitam terutama jika berada diluar ruangan atau terkena matahari langsung

Kacamat yang nantinya digunakan juga baiknya diperiksakan tiap 6 bulan sampai 1 tahun sekali agar disesuaikan ukurannya apabila ada penambahan atau perbaikan ukuran koreksi tajam penglihatan. Semoga bermanfat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mata silinder atau mata minus pada anak membuat penglihatan menjadi kabur dan buram sehingga anak harus memakai kacamata

Tidak Selalu Akibat Gaya Hidup, Ini Penyebab Anak Alami Mata Minus

Mata silinder atau mata minus pada anak bisa terjadi karena bawaan lahir dan tidak selalu karena gaya hidup