Mata minus, lebih baik minus 3 atau 2,5 ?

ZM Info Penanya: ZM, Wanita, 18 Tahun
Dok saya beli kacamata min 3 itu trsa terang bngt,sedngkn min dua koma lima nyaman tpi klo jrk jauh gk kelihatan yg min 3 jrk jauh kelihatan tpi trlalu cerah membuat saya skit kepala
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ZM.

Mata minus atau yang disebut juga dengan istilah rabun jauh adalah kemampuan mata yang terganggu saat melihat objek pada jarah jauh tertentu. Penyebabnya ialah gangguan bentuk bola mata atau kornea yang mengakibatkan pembiasan (refraksi) cahaya yang masuk ke mata menjadi tidak tepat. Keadaan tersebut membuat bayangan objek tidak jatuh pada tempat yang seharusnya yakni di retina melainkan di depan retina. Akibatnya pandangan menjadi kabur ketika melihat benda dengan jarak tertentu dimana orang normal masih dapat melihatnya.

Mengenai pertanyaan Anda, pada dasarnya pilihan yang terbaik adalah yang paling sesuai dengan ukuran minus mata Anda. Penggunaan kaca mata umumnya bertujuan untuk memperbaiki kemampuan pembiasan refraksi mata sehingga mata tidak harus bekerja berlebihan saat melihat pada jarak jauh. Maka apabila ukuran yang digunakan tidak sesuai, terlebih jika dibawah ukuran yang seharusnya, akan mengakibatkan perubahan minus dapat lebih mudah meningkat karena kerja mata tetap berlebih kendati sudah memakai kacamata.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter Mata mengenai keadaan Anda saat ini agar mendapatkan solusi yang terbaik. Mungkin dokter Mata akan menyarankan penggunaan lensa kacamata jenis tertentu untuk membuat Anda merasa lebih nyaman ataupun solusi lainnya.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kondisi miopi dan hipermetropi dapat didiagnosis oleh dokter mata

Miopi dan Hipermetropi, Apa Bedanya?

Miopi dan hipermetropi memang sama-sama gangguan pada mata. Namun meski namanya mirip, kedua penyakit mata ini memiliki perbedaan mendasar. Apakah itu?