28 Mar 2021, 08:18Mata

Apa yang menyebabkan mata merah secara tiba-tiba ?

D
Info Penanya: D0
Permisi dok, saya ingin bertanya mata saya merah sudah 4 hari. Penyebabnya saya juga kurang tau dok,karna ketika bangun tidur tiba-tiba mata saya sudah merah sebelah, tanpa rasa sakit namun kadang-kadang pandangan saya agak kabur dan seperti ada yg mengganjal, juga berair. saya belum menggunakan obat apapun karna takut malah akan semakin parah. Ketika saya perhatikan mata saya,seperti ada bercak coklat dipinggir kornea saya dok. Apakah ini penyakit glaukoma dok? Mohon dijawab ya dok ?
145 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, D.Mata memerah secara tiba-tiba terlebih diikuti pandangan kabur menimbulkan rasa cemas, apakah hal ini disebabkan oleh hal berbahaya atau tidak. Mata yang tidak kunjung membaik membuat aktifitas dan konsentrasi menjadi terganggu.

Apa yang menyebabkan mata merah secara tiba-tiba ?

Keluhan mata merah secara tiba-tiba ketika Anda bangun tidur tanpa disertai rasa perih namun diikuti pandangan kabur, seperti ada yang mengganjal, mata berair, dapat disebabkan oleh banyak faktor antara lain :
  • Iritasi saat mata kemasukan suatu partikel asing seperti debu dimana benda asing menghalangi penglihatan jika tepat di bagian hitam mata, atau di pinggir kornea membuat mata memerah dan mengganjal. 
  • Mata lelah akibat melihat komputer secara terus menerus dan terpapar sinar matahari karena berkerja di luar ruangan.
Glaukoma merupakan peningkatan tekanan boleh mata karena sumbatan aliran air yang ditandai dengan rasa nyeri diikuti kehilangan penglihatan secara perlahan hingga total, terdapat lingkaran seperti pelanggi saat melihat cahaya terang, ukuran pupil menjadi tidak sama, dan diikuti rasa nyeri kepala. Sehingga keluhan yang Anda alami kemungkinan besar tidak karena galukoma. 

Bagaimana cara mengatasi mata merah secara tiba-tiba ?

Cara mengatasi mata merah secara tiba-tiba antara lain :
  • Jangan mengucek mata.
  • Usahakan pejamkan mata sesaat.
  • Alirkan mata dengan cairan steril selama 5 menit atau hingga benda asing terlepas.
  • Teteskan obat mata iritasi sebanyak 2 tetes, 3 kali sehari.
Namun jika keluhan tidak membaik, pandangan semakin kabur, mata terasa sangat nyeri, segera konsul ke dokter mata.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan matamata merahmata iritasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil