27 Nov 2020, 11:29Mata

Konjungtivitis, penyebab mata merah.

AF
Info Penanya: AF0
Assalamualaikum dok, saya mau tanyaa mata saya merah seperti bercak gitu sakit dan dibawah mata berurat merah gitu dok, mohon kasih solusi nya dok terimksih
161 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Waalaikumussallam wr wb AF,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Mata merah dapat disebabkan oleh banyak hal, dapat terjadi karena mata yang kering, paparan debu, asap kendaraan,asap rokok dan bisa disebabkan oleh reaksi alergi. Anda dapat mengatasi mata merah sesuai dengan penyebabnya.

Penyebab mata merah

Penyebab mata merah antara lain :
  • Konjungtivitis
Konjungtivitisdapat disebabkan oleh virus, ataupun bakteri. Gejala yang ditimbulkan oleh konjungtivitis akibat virus adalah mata merah, perih, dan gatal tanpa adanya kotoran mata. Konjungtivitis virus dapat mengenai 1 mata saja. Sedangkan konjungtivitis karena bakteri dengan gejala, mata merah, gatal, perih, dengan kotoran yang lengket, dapat terjadi pada kedua mata dan dapat ditularkan oleh orang lain yang sedang sakit mata juga dengan cara ketika kita tidak sengaja memegang kotoran matanya dan mengucek mata kita. Pengobatan konjungtivitis karena virus hanya untuk mengurangi gejalanya saja, misalnya dokter akan memberikan obat pengurang rasa gatal, dan tetes mata untuk mata iritasi atau tetes mata yang mengandung air mata buatan. Sedangkan pada konjungtivitis karena bakteri, dokter akan memberikan salap antibiotik.
  • Rhinitis alergi
Orang dengan rhinitis alergi dapat mengalami bersin-bersin di pagi hari, diikuti hidung berair berwana bening, mata memerah dan gatal. Biasanya terdapat pemicu rhinitis alergi, bisa berupa udara dingin, debu, dan asap. Cara mengatasinya dengan menghindari pencetus alergi, serta menggunakan baju yang lebih hangat di cuaca dingin. Dokter akan memberikan resep anti alergi kepda penderita.
  • Pterigium
Pterigium terjadi akibat paparan yang terus menerus ke mata sehingga membentuk selaput kekuningan yang dapat menutupi mata. Mata juga dapat memerah dan gatal. Pterigium jika tidak mengganggu penglihatan, tidak memerlukan terapi, namun jika sudah mengganggu penglihatan, maka dokter mata akan melakukan operasi kecil pada mata.Anda dapat melakukan pengobatan sesuai dengan penyebab mata merah Anda, jika keluhan yang Anda rasakan berlanjut, segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan. Ajngan mengucek mata agar iritasi pada mata tidak bertambah parah, hindari paparan debu, asap, sinar mtaahri langsung ke mata. Jaga kebersihan mata saat menggunakan maskara, atau softlens.Semoga membantu dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
konjungtivitiskatarak traumatik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil