Mata merah pada anak apakah cukup dengan obat tetes mata biasa

Q Info Penanya: Q, Wanita, 35 Tahun
doc, anak saya kena mata merah.kayaknya konjungtivitas doc.nah, cukup diobatin dengan tetes mata biasa kah (insto) ataukah ada rekomendasi lain ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, Q

Terima kasih atas pertanyaannya.

Mata merah atau konjungtivitis bisa disebabkan beberapa hal. Yaitu karena iritasi, virus atau bakteri. Pada kasus yang iritasi entah karena debu atau kontak dengan hal lain, gejalanya selain mata merah juga terasa nyeri dan gatal. Terapinya biasa dengan obat tetes mata biasa dan jangan dikucek-kucek agar tidak bertambah iritasinya.

Konjungtivitis yang disebabkan virus biasanya akan banyak mengeluarkan air mata dan terasa sangat gatal atau tidak nyaman. Untuk yang disebabkan virus sama dengan iritasi hanya memerlukan obat tetes mata biasa dan banyak istirahat untuk membantu pemulihannya. Problemnya adalah konjungtivitis karena virus sangat infeksius dan bisa menular ke orang lain yang sedang rentan daya tahan tubuhnya.

Sedangkan konjungtivitis akibat bakteri akan tampak lebih berminyak, gatal dan lengket terutama di pagi hari. Selain tetes mata biasa mungkin memerlukan tetes mata yang mengandung antibiotik.

Untuk menentukan tipe konjungtivitisnya lebih baik evaluasi langsung dengan Dokter Spesialis Mata agar mendapat tatalaksana yang sesuai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Risiko mata kering pada lansia dapat diatasi dengan mengonsumsi sayur dan buah 5-9 takaran per hari

Lakukan Cara Ini untuk Mengatasi Mata Kering pada Lansia

Mata kering dan berbagai gangguan mata lain dapat terjadi pada lansia. Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur, berhenti merokok, dan rutin menjalani pengecekan mata.