Mata merah dan lengket pada anak usia 3 tahun

AI Info Penanya: AI, Pria, 2019 Tahun
Dokter,,Saya punya anak laki2 yang usianya 3 THN 8 bulan,masalah anak saya yaitu pada kedua matanya yang selalu merah,jika tidur selalu berair membuat matanya lengket & area pada putih mata nya itu keruhSaya sudah pernah bawa 2 kali ke RS mata,kata dokternya hanya alergi gitu,,mohon solusinya dokterTrimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AI,

Mata merah pada anak dapat timbul disebabkan beberapa kemungkinan penyebab seperti:

  • Infeksi mata dapat disebabkan oleh virus dan bakteri. Dapat disertai mata menjadi berair, disertai kotoran mata yang berlebih yang dapat membentuk kerak di malam hari, gatal pada mata 
  • Reaksi alergi yang dapat dipicu oleh debu, tungau, bulu hewan, polusi dan lainnya
  • Cedera pada mata akibat benturan atau trauma lainnya
  • Gangguan pada organ mata lainnya hingga dapat menimbulkan gangguan tajam penglihatan
  • Penyakit lainnya yang menimbulkan keluhan mata merah

Oleh sebab itu untuk memastikannya perlu kembali dilakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter spesialis mata. Perhatikan juga gejala lain yang dapat timbul pada anak seperti demam, gangguan penglihatan, pandangan anak menjadi kabur, anak merasa kesakitan dan lainnya agar membantu doketr menentukan penyebabnya.

Selain itu juga perlu dilakukan upaya pencegahan dengan dilakukan pembersihan area mata menggunakan air yang bersih, hindari anak mengucek atau menggaruk area mata, cuci tangan setelah dan sebelum kontak dengan mata, menggunakan pelindung mata seperti menggunakan kacamata jika bepergian, dan hindari penggunaan obat tetes mata sembarangan tanpa petunjuk dokter. Nantinya dokter akan melakukan penanganan seperti misalnya pemberian antibiotik jika penyebabnya adalah infeksi ataupun tindakan untuk membersihkan area sekitar mata anak Anda. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan yang dialami penderita rabun tua dapat semakin bertambah parah sampai ia berusia 65 tahun

Apa Perbedaan Rabun Dekat dan Rabun Tua?

Rabun dekat merupakan kondisi yang hampir serupa dengan rabun tua. Keduanya memiliki efek yang sama terhadap mata, yaitu kesulitan saat melihat objek yang dekat. Perbedaannya adalah rabun dekat dapat dialami oleh segala usia, sedangkan rabun tua dialami oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas.