Mata merah 1 minggu, diberi tetes mata antibiotik saat ini mata masih merah.

BH Info Penanya: BH, Pria, 28 Tahun
Dok..sudah seminggu mata saya merah..tapi ga merasa gatal atau perih..pandangan juga ga kabur...baru 2 hari lalu periksa ke dokter mata..dikasih obat tetes GENTA CENDO 0,3%..kata dokternya sih infeksi..tp uda 2 hari ini pake obat tetes tersebut..mata masi tetep merah dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, B

Mata merah biasanya disebut konjungtivitis dalam bahasa medis, yaitu peradangan selaput konjungtiva yang membungkus bola mata. Pada saat dia meradang, pembuluh darah yang biasanya tidak nampak jadi meradang sehingga tampak kemerahan.

Apa saja penyebabnya, bisa karena infeksi bakteri, infeksi virus, alergi atau iritasi mata. Lebih jelasnya bisa dibaca di artikel mengenai penyebab mata merah. Jadi dokter sudah tepat memberi tetes mata antibiotik. Waktu pemulihannya tergantung kondisi tubuh setiap orang, ada yang memerlukan waktu lebih lama agar radangnya berkurang.

Anda juga bisa membantu dengan melakukan kompres hangat bergantian dengan dingin pada mata Anda. Lakukan selama 10 menit. Bila menggunakan kontak lensa untuk sementara dihentikan dahulu, karena bisa saja mata merahnya dari lensa kontak. Jaga kesehatan dengan cara menjaga kebersihan tubuh seperti mencuci tangan, hindari asap rokok debu dan polusi udara lainnya. Jangan lupa banyak minum dan makanan yang sehat.

Bila setelah itu masih radang juga, maka Anda bisa kontrol kembali dengan Dokter terutama Dokter Spesialis Mata.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Blefaritis adalah penyakit yang disebabkan oleh rosacea atau benjolan kecil berwarna merah yang berisi nanah

Macam-Macam Penyakit Kulit yang Menyebabkan Blefaritis

Peradangan pada kelopak mata atau blefaritis umumnya terjadi pada bagian kelopak yang ditumbuhi oleh bulu mata. Ada beberapa penyakit lain yang menjadi pemicu blefaritis, salah satunya adalah alergi.