24 May 2021, 18:01Mata

Mata mengendur dan kantung mata yang susah hilang

YH
Info Penanya: YH0
Dok saya punya keluhan mata yang terlihat lelah, kantung mata hitam dan besar, ada garis halus juga yg membuat jadi tampak lebih tua, dan mata jadi terlihat lebih kecil.. mohon penjelasaanya dok.. dan tipsnya apa..
216 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo Y,Kantung mata kulit di bagian bawah mata yang lebih menonjol dan mengandung banyak pembuluh darah sehingga dapat berwarna hitam jika terjadi pembuluh darah pecah akibat kelelahan. Sebenarnya hal ini mirip dengan lebam pada area kulit lainnya namun karena diikuti dengan penurunan elastisitas kulit dibawah mata dan penumpukan lemak mata tampak sebagai kantung dengan warna kehitaman.Kondisi kantung mata ini dapat disebabkan oleh penuaan, pola tidur yang berantakan disertai dengan kebiasaan mengucek mata, faktor stres, atau kelelahan mata karena penyakit tertentu. Orangtua dengan kecenderungan memiliki kantung mata, juga dapat menurunkannya ke anak, artinya dari genetiknya sudah terdapat kecenderungan kelemahan pada kulit dibawah mata.

Mengatasi kantung mata

Cara mengatasi kantung mata dapat dilakukan dengan tanam benang, pijat wajah atau totok wajah secara rutin, menggunakan masker untuk mata, hingga operasi oleh dokter bedah plastik. Beberapa cara alami yang boleh coba adalah menggunakan kompres dingin dengan kantung teh akau kompres handuk dingin. Bila dengan cara ini keluhan tidak membaik, lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit atau dokter bedah plastik.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kantung matalingkaran hitam di matamata panda
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil