11 Feb 2021, 18:14Penyakit Lainnya

Jantung berdebar setelah makan kacang tanah

BR
Info Penanya: BR0
Saya siang makan kacang tanah segenggam dok, setelah itu kepala terasa aneh seperti ditusuk. Lalu sorenya mata saya lelah terus jantung berdebar cepat dan berkeringat, malam sebelumnya sih tidur 5 jam. Itu karena apa ya dok? Apakah saya salah makan kacang?
1000 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, BR.Kacang tanah adalah salah satu jenis kudapan yang dapat dikonsumsi sebagai cemilan. Mengandung berbagai nutrisi seperti lemak sehat, protein, potassium, magnesium, zat besi, dan berbagai mineral lainnya; kacang tanah tergolong bermanfaat bagi kesehatan. Tapi, pastikan untuk mengonsumsi secukupnya dan tidak dalam jumlah berlebihan.Lalu, sebelum mengonsumsinya, pastikan dulu Anda tidak memiliki alergi terhadap kacang tanah ya. Pasalnya, apabila ada alergi, tubuh akan menganggap kacang tanah sebagai benda asing. Akibatnya, terjadilah respon dari sistem kekebalan tubuh yang menimbulkan gejala seperti:
  • gatal-gatal
  • bengkak pada wajah
  • diare (buang air besar cair)
  • jantung berdebar
  • sesak napas 
Nah, mengenai keluhan Anda, hal tersebut dapat disebabkan oleh kacang tanah apabila Anda sebelumnya memang memiliki riwayat alergi. Apabila demikian, coba konsumsi air putih yang cukup banyak, serta konsumsi air kelapa hijau. Hindari konsumsi kacang-kacangan terlebih dahulu, ya. Biasanya, alergi akan hilang ketika pencetus sudah dihindarkan.Akan tetapi, apabila Anda tidak memiliki alergi dengan kacang tanah, maka jantung berdebar dan keringat dingin yang Anda alami bukan karena alergi. Bisa saja ada pemicu lainnya; seperti penyakit jantung, hipotensi, anemia, glaukoma (apabila disertai nyeri pada mata), atau penyakit lainnya. Apabila demikian, periksakan kepada dokter penyakit dalam agar dapat diketahui penyebabnya ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
alergialergi kacangjantung berdebar
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil