Apa penyebab mata kering dan tampak kuning dan berlemak?

GA Info Penanya: GA, Pria, 6 Tahun
Mata saya kenapa ya dok seperti berlemak dan kuning, saya seharian main handphone apakah itu yang menyebabkan saya mata kuning dan berlemak, dan juga kalau terkena angin mata saya jadi kering, tolong dok, bagaimana saya memutihkan area mata saya kembali?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore GA,

Mata kering adalah keluhan yang sering dirasakan ketika banyak beraktivitas menggunakan layar seperti menatap gawai ataupun layar monitor, hal ini juga bisa dipengaruhi oleh kelembapan udara seperti jika berada di ruangan berpenyejuk udara, berada di ketinggian ataupun jika menggunakan lensa kontak.

Mata kering bisa memicu gejala seperti rasa gatal, mata memerah, rasa seperti terbakar, berair dan juga bisa memicu pandangan kabur. Sedangkan jika tampak ada mata kuning seperti berlemak bisa karena adanya infeksi mata ataupun gejala lain yang perlu dipastikan penyebabnya dengan pemeriksaan langsung pada dokter ataupun dokter spesialis mata. Berbeda jika tampak seperti ada selaput lemak diujung mata dimana bisa timbul karena pterygium yang perlu tindakan untuk menghilangkannya.

Untuk mata kering bisa diatasi dengan membatasi paparan gawai/gadget, layar monitor ataupun juga perlu menjaga kelembapannya bisa menggunakan air humidifier, gunakan tetes mata yang berisi air mata buatan, dan juga menghindari paparan debu ataupun kotoran yang bisa mengiritasi mata.

Jika keluhan semakin berat sehingga menimbulkan gangguan penglihatan maka perlu segera diperiksakan agar diberikan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa fungsi kornea mata, seperti memfokuskan cahaya dan melindungi mata dari benda asing

Kornea Mata: Struktur, Fungsi, dan Penyakit yang Berisiko Menyerang

Sejak di sekolah dasar, Anda mungkin sudah mengenal istilah kornea mata. Bagian organ penglihatan ini memang kerap disebut, karena terletak di bagian paling luar mata. Kenali struktur kornea mata dan fungsinya, pahami pula beberapa penyakit yang dapat menghinggapi.