Mata kemasukan minyak kayu putih dan gatal bagaimana penanganannya?

N Info Penanya: N, Wanita, 1 Tahun
Mau tanya dok,sdh seminggu ini mata saya kemasukan minyak kayu putih dan sudah 4 hari ini saya merasakan mata gatal dan sakit kepala namun terkadang hilang dan terkadang kambuh,itu knp ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Mata Anda kemasukan minyak kayu putih, kemungkinan mata Anda terkena paparan zat kimia. Ada beberapa bagian mata yang bisa mengalami peradangan seperti kornea, konjungtiva dan sklera. Penyakit yang ditimbulkan juga bisa bermacam-macam seperti :

  • Blefaritis
    Peradangan pada kelopak mata, yang menyebabkan bagian tersebut jadi terlihat bengkak,merah dan gatal.
  • Konjungtivitis
    Merupakan mata merah akibat peradangan pada selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata bagian dalam (konjungtiva mata), gejala lain yang dapat muncul adalah rasa gatal dan berair.

Sebenarnya penangan pertama pada mata yang terkana zat kimia adalah membersihkan mata dengan air mengalir, mengkompres mata dengan air hangat selanjutnya sebaiknya Anda kosultasikan lebih lanjut ke dokter mata. Mengenai keluhan mata Anda yang sudah terjadi selama 1 minggu sebaiknya periksakan ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, bila ditangani dengan segera jarang menimbulkan efek jangka panjang yang berbahaya untuk penglihatan anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mata gatal dapat disebabkan oleh berbagai kondisi

7 Penyebab Mata Gatal dan Cara Mudah Mengatasinya

Mata gatal mungkin pernah dialami hampir setiap orang. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal yang tentu membuat Anda tidak nyaman.