Post operasi katarak mata mata masih buram?

SD Info Penanya: SD
mat mlam pasca op ktrak mata buram gmana solusinya dok apa bsa op ukang mksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SD,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Katarak merupakan kondisi yang membuat lensa mata menjadi keruh dan berkabut. Normalnya lensa mata terlihat jernih dan transparan. Katarak merupakan kondisi medis yang sering terjadi seiring bertambahnya usia. Operasi katarak diperlukan ketika katarak sudah menggangu fungsi penglihatan secara signifikan dan mempengaruhi kualitas hidup.

Pasca operasi katarak ada beberapa efeksamping yang dapat di timbulkan salah satunya mata buram. Penyebab mata buram pasca operasi katarak :

  1. Infeksi
    Bisa disebabkan karena faktor dari luar maupun dari dalam. Bisa disebabkan karena bakteri ataupun virus karena kebersihan yang kurang. Ditandai dengan mata merah, berair dan lengket.
  2. Masa penyembuhan belum selesai
  3. Cara membersihkan mata tidak steril
  4. Operasi mata tidak berhasil
    Jika berbulan bulan dan berminggu minggu mata Anda tak kunjung membaik dan tetap saja buram mungkin di indikasikan operasi mata anda gagal, dan tak ada tindakan lain yang bisa ditempuh jalan satu satunya adalah operasi ulang.
  5. Tidak menggunakan salep dan obat yang diberikan oleh dokter

Untuk menjaga mata buram setelah operasi katarak Anda di sarankan untuk, menghindari mengucek mata, membersihkan mata secara rutin untuk menghindari infeksi, menggunakan obat dan salep secara rutin, rajin kontrol dengan dokter mata post operasi katarak.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Katarak adalah salah satu jenis cacat mata yang umumnya menyerang lansia

7 Jenis Cacat Mata yang Patut Anda Waspadai

Cacat mata banyak macamnya, mulai dari rabun dekat hingga glukoma. Untuk menghindari jenis-jenis cacat mata tersebut, berikut 8 tips yang dapat Anda ikuti.