Mata ikan di kaki

NA Info Penanya: NA, Wanita, 22 Tahun
Dokter saya ingin bertanya,,saya punya mata ikan di kaki sudah terlalu membesar dan beranak,,bagaimana cara mengobati nya,,atau memang harus di operasi dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam NA

Adanya mata ikan di kaki atau sering disebut clavus terjadi akibat geseka dan tekanan berlebihan pada kulit kaki yang memicu penebalan kulit, pada tahap lanjutan tekanan tersebut menyebabkan iritasi dan nyeri, semakin sering tekanan dan gesekan akan menyebabkan jaringan menggaung atau ulkus serta pelebara clavus. Pada kondisi lain clavus juga timbul pada kondisi kaki yang tidak terjaga kebersihannya serta infeksi dari virus human papiloma. 

Anda disarankan untuk menjaga kebersihan kaki, mengurangi aktivitas yang memicu gesekan pada kulit kaki, menghindari alas kaki yang keras, menggunakan sol atau alas kaki yang lembut dan nyaman.

Pada kondisi clavus yang besar dan nyeri berulang, diperlukan intervensi tindakan bedah eksisi dan debridemen. Cara lain adalah dengan menggunakan laser, pemberian agen asam yang mampu memicu penipisan kulit.  Semua tatalaksana tersebut perlu evaluasi dokter. Saya sarankan anda berkonsultasi dengan dokter Sp.KK

Salam sehat

dr.Zulham 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mata ikan merupakan benjolan yang sering muncul pada kaki dan terasa sakit jika ditekan

4 Pilihan Salep Mata Ikan yang Bisa Anda Coba

Mata ikan adalah kulit mengeras dan menyakitkan, berbentuk benjolan dan sering muncul pada kaki. 4 jenis salep mata ikan ini yang ampuh dan aman jika Anda gunakan.