Mata gatal mendadak di malam hari

F Info Penanya: F, Pria, 2019 Tahun
Dok, mau nanya dong, mata ane tiba" gatel pas malem hari, pdhal posisi di kamar yg mana resiko ada benda masuk ke mata itu sangat minim, dri kemaren malem sampe skarang jam 4 sore masih gatal kek ada yang mengganjal gitu, kalo pengobatan sih ane udah coba pake tetes mata dri miracle betle yg tulisannya mengandung ekstrak daun sirih, trus ini tdi ada yang nyaranin pake rebusan air daun sirih langsung tpi sempet browsing katanya bahaya ya dok ? mohon penjelasan dong hehe
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi F,

Keluhan mata gatal dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti :

1. Konjungtivitis atau mata merah. Keluhan awal akan dirasakan seperti rasa mengganjal di mata, seperti ada pasir di dalam mata, mata berair, mata berubah menjadi bewarna merah, terasa gatal. 

2. Hordeolum atau timbilan/ bintitan. Keluhan awal hanya terasa mengganjal di mata namun akan disusul kelopak mata yang menjadi agak bengkak dan bewarna merah.

3. Benda asing. Benda asing yang masuk ke dalam mata dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata.

Untuk mengurangi keluhan gatal pada mata dapat dilakukan kompres air hangat dan hindari memegang atau menggaruk mata terlalu sering, serta cuci tangan secara rutin sebelum memegang area mata. Namun bila keluhan semakin memberat dan mata menjadi merah, bengkak, nyeri, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter atau Rumah Sakit terdekat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintitan dan kalazion memiliki perbedaan, yaitu tekstur dan penyebabnya

Bintitan dan Kalazion, Apa Bedanya?

Bintitan biasanya muncul di tepi kelopak mata dan menimbulkan rasa sakit, sedangkan kalazion teksturnya kenyal tapi tidak sakit. Cara mengatasi bintitan dan kalazion tidak jauh berbeda seperti, redakan dengan kompres hangat, rutin mencuci tangan.