Kenapa mata gatal dan perih?

AK Info Penanya: AK, Wanita, 22 Tahun
Dok,saya sering mengalami rasa perih dan gatal pada bagian mata terutama ujung sudut mata atau inner corner mata, dan sangat sensitif terhadap debu & angin (pada saat naik motor misalnya),terasa sakit apabila keluar dari sebuah ruangan atau silau cahaya, ini sudah berlangsung kurang lebih selama 6tahun,2tahun belakangan sudah tidak pernah muncul,sekarang baru muncul lagi dan rasa perih dan gatalnya belum kunjung sembuh sampai lebih dari satu minggu. Kirakira ini kenapa ya dok? Apakah berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AK,

Pterygium adalah lapisan bening berbentuk segitiga yang terbentuk di bagian sudut mata akibat iritasi mata. Selaput ini kadang menimbulkan rasa gatal saat terkena angin atau debu.

Namun kebanyakan tidak menimbulkan gejala apa-apa, hanya mengganggu penampilan. Sehingga tidak memerlukan penanganan lebih lanjut.

Perihal keluhan mata gatal dan perih yang Anda alami bisa disebabkan oleh :

  • Mata kering.
  • Pterygium.
  • Infeksi bakteri atau virus.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mata yang gatal dan perih itu adalah dengan cara :

  1. Gunakan kacamata agar mata tidak kena angin atau debu.
  2. Perbanyak minum air putih.
  3. Pastikan untuk sering berkedip agar mata tidak kering. Anda juga bisa meneteskan obat mata yang berisi air mata buatan untuk membasahi mata.
  4. Hindari menatap HP atau layar komputer dalam jangka waktu lama.

Bila keluhan tersebut menetap atau ada mata merah, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter mata untuk memastikan kondisi mata Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diabetes dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur pada lansia

Waspadai 4 Jenis Penyakit Mata Ini Untuk Penderita Diabetes

Diabetes bisa menyebabkan komplikasi pada mata. Cara terbaik agar sembuh dari penglihatan kabur akibat diabetes adalah dengan deteksi dini dan penanganan yang tepat.