31 Dec 2020, 20:51Mata

Mata buram dan area mata sakit apa penyebabnya?

SS
Info Penanya: SS0
Dok nama saya sumi umur 30thn..saya mo konsul awal nya saya darah tinggi dan kolestrol lalu pandangan saya kabur mata berat sensitif pada cayaha alis dan dahi saya ngeyut2 lalu saya cek saya minus dan pakai kaca mata ..pandangan jd terang tp alis dan sekitar area mata itu tetap sakit luar biasa jadi karna gx mampu sakit saya lepas kaca mata saya..mohon jawab nya kenapa ya dok..?? Trima kasih
160 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi SS,Mata adalah salah satu indera penting di dalam tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Banyak beragam gangguan yang bisa menyebabkan berkurangnya fungsi penglihatan tersebut, baik dari organ mata itu sendiri atau komplikasi dari penyakit lainnya.

Beberapa penyebab mata buram:

  • Mata minus. Akan muncul gangguan melihat benda jauh tidak jelas dan sering terasa pegal di area mata dan pusing.
  • Glaukoma. Seringkali ditandai dengan pandangan yang mendadak buram dan nyeri mata tanpa disertai dengan mata merah. Untuk fase lanjut baru akan muncul keluhan mata merah.
  • Sinusitis. Pada penderita sinusitis memang penglihatan tidak buram, namun akan menyebabkan nyeri di sekitar mata tetapnya di antara kedua alis.
  • Computer vision syndrome.

Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi keluhan mata buram dan nyeri matanya adalah:

  • Hindari pemakaian HP atau laptop dalam jangka waktu lama sekaligus tanpa mengistirahatkan mata. Biasakan untuk mengistirahatkan mata dengan cara melihat obyek yang jauh selama 20 detik setiap kali selesai melihat HP atau laptop 20 menit. Hal ini dilakukan untuk relaksasi otot mata.
  • Gunakan kacamata sesuai dengan ukuran mata Anda.
  • Minum paracetamol untuk meredakan nyerinya sesaat.
  • Kompres bagian yang nyeri menggunakan air hangat.
Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter mata untuk memastikan kondisi mata Anda, jangan sekedar periksa mata di optik kacamata saja.Salam sehat,dr. Vina
sinusitisglaukomamata minus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil