Mata buram pasca menderita herpes

AL Info Penanya: AL, Pria
Dok saya dulu pernah sakit herpes zoster , dan sudah berobat kurang lebih 2 bulan ke spesialis mata, jadi mata saya sudah sehat dikatakan oleh dokter , apakah kalau setelah mendapat sakit herpes zoster mata akan buram selamanya dok?? , Atau ada solusi lain dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AL.

Herpes adalah sekelompok virus yang menimbulkan kelainan kulit yang berupa luka melepuh yang terasa nyeri dan secara khas disertai sensasi panas seperti terbakar. Kelompok virus ini terdiri dari virus Herpes Zoster yang menyebabkan cacar api yang merupakan kelanjutan dari cacar air, serta virus Herpes Simplex (HSV) tipe 1 dan 2 yang menyebabkan luka melepuh di bagian wajah khususnya mulut dan mata serta pada bagian kelamin. 

Terkait dengan keluhan dan pertanyaan Anda seputar Herpes pada mata, dapat disebabkan baik oleh Herpes Zoster maupun Herpes Simplex tipe 1. Infeksi virus Herpes pada mata umumnya bukanlah infeksi virus yang pertama. Penderita seharusnya sudah pernah menderita cacar air ataupun infeksi Herpes pada mulut, karena setelah menyerang manusia virus Herpes akan hidup di sekitar serabut saraf tanpa menimbulkan gejala apapun, hal tersebut disebut dengan dorman. Ketika daya tahan tubuh (imun) menurun, virus dapat berpindah ke berbagai area tubuh dan menimbulkan gejala.

Mengenai keluhan buram yang Anda alami, dapat merupakan salah satu gejala dari Herpes Zoster Oftalmikus.

Dokter Spesialis Mata akan memeriksa dengan seksama dan memastikan penyebabnya dan memberikan terapi yang sesuai seperti :

  • obat antivirus
  • obat tetes mata yang mengandung anti radang
  • obat pereda nyeri

Namun, jika setelah dilakukan pengobatan keluhan buram tidak kunjung membaik, mungkin terdapat gangguan pada kornea mata yang tidak ringan dan memerlukan tindakan yang lebih intensif. Dan jika telah terjadi kerusakan yang permanen seperti ulkus kornea umumnya diperlukan transplantasi kornea untuk mengatasinya.

Untuk saat ini, yang perlu Anda lakukan adalah meneruskan terapi dan kontrol rutin kepada dokter Spesialis Mata Anda, konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan istirahatlah dengan cukup agar imunitas tubuh Anda dapat kembali berfungsi dengan maksimal.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pada bayi, penularan herpes bisa terjadi selama proses kelahiran dan kontak langsung lainnya dengan penderita herpes.

Awas! Ciuman dari Orang Lain Bisa Sebabkan Herpes pada Bayi

Selain orang dewasa, bayi pun bisa mengalami herpes. Bahkan, penularannya dapat terjadi melalui ciuman dari orang lain.