Mengapa mata buram dan sering capek?

EN Info Penanya: EN
Mengapa mata selalu cape,dan klo melihat tdk bisa jelas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore EN,

Mata yang buram adalah gejala yang bisa timbul akibat beragam hal, bisa disebabkan karena adanya gangguan refraksi seperti mata minus, silinder ataupun gangguan refraksi lainnya, mata lelah ataupun asthenopia, computer vision syndrome akibat paparan layar monitor ataupun gawai/gadget terlalu lama, ataupun penyebab lainnya seperti reaksi alergi yang bisa memicu mata kering.

Jika mata buram, perlu diperhatikan apakah menjadi kesulitan dalam melihat jauh atau melihat dekat dimana bisa dipicu oleh rabun jauh atau mata minus ataupun rabun dekat. Untuk mengatahuinya ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan tajam penglihatan. Apabila nantinyada gangguan tajam penglihatan dapat dilakukan koreksi salah satunya dengan menggunakan kacamata ataupun lensa kontak.

Upayakan menjaga kesehatan mata dengan membatasi paparan gawai/gadget, mengonsumsi makanan yang tinggi nutrisi yang baik untuk mata, melakukan pemeriksaan penglihatan secara berkala, menggunakan kacamata yang sesuai jika memiliki gangguan tajam penglihatan mata dan juga bisa mengupayakan posisi kerja yang ergonomis agar mata dan tubuh tidak mudah lelah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fotofobia bukanlah kondisi, melainkan gejala dari penyakit lainnya, seperti migrain contohnya.

Kondisi Fotofobia Mengganggu Anda? Kenali Penyebab dan Cara Menanganinya

Apakah mata Anda terasa tidak nyaman dan sakit, saat terpapar oleh sinar matahari? Hati-hati, bisa jadi itu fotofobia. Ketahui penyebab, gejala, dan cara menanganinya.