Pusing dan mata berkunang kunang, apakah penyebabnya?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 19 Tahun
Selamat pagi dok, beberapa hari yg lalu saya menerima kabar yg membuat saya kaget dan akhir2 ini dada saya serasa seperti ditekan dan diremas bagian jantung saya, saat berdiri pun saya pusing dan berkunang-kunang, entah mengapa kaki saya juga dingin semenjak berita tersebut saya terima. Apakah hal ini wajar dok? Mohon bantuannya, terimakasih🙏
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Menerima berita yangkurang menyenangkan pada beberapa orang dapat memeberikan efek psikologis yang kurang baik seperti terjadi kecemasan atau bahkan menjadi beban pikiran yang secara tidak langsung dapat memperngaruhi kesehatan fisik. Keluhan pusing dan mata berkunang-kunang bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari aktifitas fisik sehari-hari sampai dengan adanya kondisi medis tertentu.

Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan adalah:

  • Kurang tidur
  • Kelelahan atau kurang isirahat
  • Hipotensi atau tensi rendah
  • Kurang  asupapan (baik gula mauapun  nutrisi harian)
  • Adanya masalah pada organ mata (mata minus , mata silindris dan lain sebagainya)
  • Anemia atau kurang darah
  • Adanya penyakit sistemik (Diabtes mellitus, jantung dan lain sebagainya)

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, usahakan Anda lebih rileks, tetap mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian, perbanyak sayur dan buah, mencoba untuk menceritakan masalah Anda ke keluarga atau teman dekat, istirahat cukup dan hindari stres.

Jika keluhan dirasa tidak membaik, periksaan diri Anda ke dokter terdekat. Untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang bila diperlukan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ansietas berlebih adalah gangguan kecemasan sosial yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari

Atasi Ansietas dengan Terapi Seni

Ansietas atau rasa cemas berlebih adalah gangguan kecemasan sosial yang dapat mengganggu kehidupan. Terapi seni dapat digunakan untuk mengatasi ansietas. Terapi seni dipilih sebagai media untuk mengekspresikan konflik dan permasalahan yang dialami seseorang.