Kenapa mata berair dan bengkak?

YS Info Penanya: YS
Dok mata saya sedikit bengkak dan setiap bangun tidur belekan kering,biasanya saya tidak pernah seperti ini,kadang mata perih tapi gak merah dok,ini sudah berlangsung hampir seminggu dok,,kira2 knapa ya dok.?Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YS,

Mata yang bengkak, berair dan mata belekan adalah gejala yang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti iritasi mata baik karena alergi, debu, kosmetik ataupun lainnya, infeksi mata baik karena jamur, bakteri ataupun virus, infeksi kelopak mata seperti bintitan, ataupun juga penyebab lainnya.

Untuk sementara bisa kompres mata dengan air bersih dan air hangat, hindari paparan debu dan alergen lainnya, bisa gunakan air mata buatan, dan segera periksakan pada dokter ataupun dokter mata.

Perhatikan apakah ada keluhan lain seperti mata merah, benjolan pada kelopak mata ataupun gangguan penglihatan seperti pandangan menjadi buram, dimana akan bisa membantu memberikan informasi pada dokter untuk menentukan penyebabnya.

Hindari mengaruk atau menggosok mata, dan cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh mata agar tidak menambah iritasi ataupun infeksi pada mata, gunakan juga pelindung mata seperti kacamata terutama jika bepergian. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak mitos yang beredar seputar kedutan mata kanan atas

Kedutan Mata Kanan Atas, Apa Artinya?

Banyak mitos yang beredar soal arti kedutan mata kanan atas. Apakah anggapan yang ada di masyarakat sejalan dengan fakta medis?