26 Mar 2021, 03:12Mata

Mata anak berair terus-menerus

H
Info Penanya: H0
dok.. saya mo tanya.. anak saya berusia 20 bulan.. sebelah mata kiri anak saya selalu mengalami mata berair, kadang hilang, kadang muncul.. saya sudah membersihkan mata setiap kl berair dengan air hangat.. tapi belum bisa sembuh total.. apakah dokter dapat memberikan solusi? mata berair tetapi tidak merah..
159 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, H.Mata adalah satu dari pancaindra manusia yang memiliki fungsi penglihatan. Apabila mata memiliki keluhan, dikhawatirkan akan ada gangguan sampai penurunan fungsi penglihatan. Beberapa keluhan mata yang umum dialami adalah mata merah, berair, gatal, serta kabur.

Penyebab Mata Berair Terus-Menerus

Apabila mata berair secara terus-menerus, maka mengarah ke beberapa kondisi yang paling mungkin dialami. Berikut uraiannya:

1. Konjungtivitis vernalis

Konjungtivitis vernalis adalah peradangan mata karena alergi. Penyakit ini ditandai dengan gejala mata berair apabila terpapar sesuatu, dan tidak akan mereda kecuali penyebabnya dihindari.

2. Konjungtivitis kronis

Penyakit ini adalah kondisi ketika ada peradangan pada konjungtiva yang disebabkan oleh infeksi virus ataupun bakteri. Apabila berlangsung lebih dari empat minggu, maka disebut kronis dan dapat memicu gejala yang terus-menerus.

3. Hiperlakrimasi

Penyakit ini ditandai dengan tersumbatnya saluran air mata. Pada beberapa penderita, dialami juga kelainan bentuk kelopak mata. Akibatnya, air mata akan keluar terus-menerus dan sulit dihentikan

Penanganan Mata Berair

Nah, untuk penanganannya, belum dapat diberikan dengan pasti pada forum tanya jawab ini. Pasalnya, masing-masing penyebab memiliki penanganan yang berbeda. Misalnya, konjungtivitis vernalis harus diobati dengan tetes mata antihistamin, sedangkan konjungtivitis kronis akibat bakteri membutuhkan tetes mata antibiotik.Untuk itu, disarankan agar Anda dapat membawa anak berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis mata. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya, kemudian diberikan solusi yang tepat.Untuk sementara, tindakan yang Anda lakukan, yaitu membersihkan mata ketika keluar cairan sudah benar. Pastikan handuk atau kasa yang Anda gunakan steril, dan cucilah tangan sebelum membersihkannya ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kesehatan matakonjungtivitispenyakit mata
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil