16 Mar 2021, 08:33Mata

Mata bengkak seperti luka bakar.

TS
Info Penanya: TS0
Hallo dok jumat kmrn kantungmata saya tiba tiba bengkak waktu sy abis bangun tdr trs sy coba ke apotik menanyakannya dan di kasih salep pas sya pakein salep nya di kantung mata sy makin membengkak dan menghitam dari situ sy tdk pakai lagi salep nya dan sy coba ngompres kantung mata sy agar bengkak nya kempas bengkak nya kempes tp kantung mata sy memerah dan menghitam seperti luka bakar Terima kasih
276 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore TS,Mata yang bengkak tentu menandakan adanya proses infeksi sehingga akan ditandai dengan kemerahan, bengkak dan terasa nyeri. Hal ini seringkali disebabkan oleh infeksi bakteri.

Beberapa penyebab mata bengkak:

  • Blefaritis. Biasanya akan tampak bengkak di bagian kelopak mata yang disertai dengan mata belekan atau mengeluarkan sekret kekuningan dan terasa nyeri atau pegal di mata.
  • Selulitis orbita. Area mata akan tampak bengkak dan dominan rasa nyerinya.
  • Iritasi kulit.
Salep apa yang Anda gunakan? Bila setelah menggunakan salep malah area mata makin bengkak dan menghitam maka artinya terjadi iritasi kulit dan kemungkinan salep yang Anda gunakan tidak cocok. Bila sekarang timbul luka bakar maka bisa saja efek kompres hangat yang Anda gunakan terlalu panas atau reaksi alergi lanjutan dari salep yang Anda gunakan.Yang perlu Anda lakukan saat ini adalah:
  • Kompres menggunakan es batu bila kulit Anda tampak melepuh.
  • Oleskan pelembap petroleum gel.
  • Hindari menggosok-gosok mata.
  • Minum paracetamol untuk mengurangi nyerinya.
Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter mata untuk memastikan kondisi mata Anda. Karena tentunya perlu dilihat bagaimana tampilan lukanya.Salam sehat,dr. Vina 
kantung matablefaritismata iritasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil