Mata bengkak, kaki bentol merah, dan badan kurus, penyakit apakah itu?

NY Info Penanya: NY
Hi dok, mau nanya terkait kasus diatas, itu sakit apa yah dok, soalnya udah di periksa ke RS spesialis dalam gak ada penyakit dok, hasil rontgen nya juga gak ada apa" dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Mata bengkak merupakan suatu kondisi dimata kelopak mata mengalami pembengkakan. Penyebabnya bisa karen infeksi bakteri, infeksi virus, dan alergi (makanan, udara, dll).

Kaki bentol-bentol dan merah bisa diakibatkan karena alergi. Kondisi ini dinamakan urtikaria. Urtikaria adalah kondisi kulit yang gatal, merah, dan disertai dengan bentol. Penyebabnya yaitu efek penggunaan obat, makanan, perubahan iklim, suhu, dll.

Badan yang kurus bisa saja akibat kondisi kurang banyak makan, genetik, dan kondisi medis tertentu seperti TBC, kanker, kurang nutrisi, dll. Seseorang dikatakan kurus harus dilihat dari BMI (body mass index). BMI dihitung dengan cara tinggi badan dibagi berat badan. 

Gejala-gejala diatas kemungkinan penyakit yang menyebabkan bisa karena alergi, penyakit autoimun, dan penyakit kronis yang lain. Sebaiknya, untuk memastikannya harus dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti tes lab darah. Jika Anda sudah berobat ke dokter spesialis penyakit dalam dan hasilnya dikatakan normal, maka saya sarankan buat mencari opini yang lain ke dokter spesialis penyakit dalam ahli alergi imunologi. Dengan tujuan agar dapat diketahui secara pasti penyakit apa yang menimpa Anda ini sehingga pengobatannya tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tes skrining Ishihara terdiri dari serangkaian bulatan diberi warna.

Tes Buta Warna Bisa Dilakukan Online, Begini Cara Menjalaninya

Tes buta warna online bisa dilakukan di rumah. Kebanyakan tes buta warna online menggunakan metode tes skrining ishihara untuk mengetes buta warna merah-hijau.