05 Dec 2020, 01:17Mata

Apa sebab mata bayi belekan dan berair?

TA
Info Penanya: TA0
Assalamualaikum Dok..saya punya anak usia 3 bulan.waktu lahir anak saya bilirubin (mata kuning)seiring jalannya waktu bilirubin hilang tp yg terjadi setelah itu mata kiri anak saya belekan dan berair sampe sekarang usia 3 bulan masih terjadi hal tersebut.kelopak mata atasnya merah seperti bengkak.mohon petunjuk untuk cara pengobatannya dok dan kenapa mata anak saya sperti itu.bahayakah??terimakasih.
309 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo T, saya akan membatu menjawab pertanyaan AndaBelekan pada bayi merupakan hal wajar, hal ini terjadi karena perkembangan dan pembukaan saluran air mata yang cenderung terlambat. Akibatnya, air mata merembes diujung mata, lalu terbentuk menjadi belekan. Kondisi ini akan membaik, seiring dengan bertambahnya usia bayi.Belekan pada bayi dapat diatasi dengan membersihkan menggunakan kapas yang di beri air hangat. Ibu perlu mencuci tangan sebelum membersihkan belek, agar kotoran pada tangan tidak jatuh ke mata bayi. Gunakan kapas yang berdeda untuk mata kiri dan mata kanan, kebersihan sangat penting agar tidak terjadi infeksi atau penumpukan kotoran yang akan memperparah belekan.Ciri-ciri belekan yang harus diwaspadai ibu antara lain :
  • Berwarna kuningan kehijauan.
  • Muncul nanah pada mata bayi.
  • Mata merah dan kelopak mata bengkak
  • Belekan membuat kelopak mata lengket dan tidak bisa membuka.
Jika bayi memiliki ciri mata seperti diatas, artinya ada infeksi di mata bayi dan perlu pemberian obat antibiotik. Konsultasikan keluhan ini pada dokter mata terdekat. Salam sehat,dr. Evelin Kwandang
kesehatan matapenyakit matamata iritasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil