21 Feb 2021, 22:23Mata

Apa yang menyebabkan bintitan pada mata ?

A8
Info Penanya: A80
Dok saya sdah sekitar seminggu bintitan Awalnya gatal d area klopak mata Setelah sehari muncul benjolan kecil dan tidak ada nyeri atau sakit apa pun Texturnya kenyal keras Apakah itu berbahaya Haruskah saya operasi
54 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A.Mata adalah salah satu organ tubuh penting yang harus dijaga kesehatan dan kebersihannya. Gangguan yang terjadi pada mata, baik karena infeksi kelopak mata, mata iritasi, penglihatan kabur akibat rabun jauh, rabun dekat, dan silinder membuat kesulitan untuk melihat sehingga aktifitas menjadi teranggu. 

Apa yang menyebabkan bintitan pada mata ?

Banyak mitos yang mengatakan bahwa mata bintitan disebabkan oleh kebiasaan mengintip. Hal ini tidak benar. Bintitan pada mata disebabkan oleh infeksi kelopak mata akibat penggunaan eye shadow, maskara, kebiasaan mengucek mata dengan tangan kotor sehingga bakteri masuk dan menyebabkan infeksi berupa benjolan di kelopak mata.Mata bintitan disebut dengan hordeolum dimana benjolan terasa sakit, teraba lunak dan berwarna merah. Hordeolum yang tidak diobati dengan baik akan menyebabkan benjolan terasa keras dan tidak nyeri yang disebut dengan kalazion.Hordeolum dapat diatasi dengan penggunaan salap antibiotik pada mata. Namun jika benjolan sudah teraba keras maka perlu dilakukan tindakan berupa sayatan kecil di kelopak mata oleh dokter spesialis mata.Untuk itu segera kontrol mata Anda dan hindari menggunakan produk kosmetik mata serta mengucek mata.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan matapenyakit matagangguan mata
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil