Masuk ICU akibat perdarahan di otak

D Info Penanya: D, Pria, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya, saat ini ayah saya sedang dalam kondisi koma di ICU dengan tingkat kesadaran 3 dan dipasang ventilator dan obat untuk tekanan darah.. indikasi terdapat pendarahan di otak sebelah kanan akibat benturan, posisi otak bergeser ke kiri, kondisi batang otak sudah terendam setengah.. yg saya ingin tanyakan apakah masih ada kemungkinan untuk dilakukn tindakan operasi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D,

Tingkat kesadaran 3 atau skor kesadaran 3 berdasarkan skala koma glasgow merupakan kondisi penurunan kesadaran yang dapat timbul karena beragam hal salah satunya adalah akibat perdarahan pada otak. Perdarahan sendiri dapat terjadi karena pecahnya pembuluh darah karena tekanan darah tinggi atau stroke hemoragik, trauma kepala, penggunaan obat pengencer darah, ataupun dipicu faktor genetik yang menimbulkan adanya gangguan pada pembuluh darah di otak.

Penanganan perdarahan kepala sendiri beragam salah satunya adalah operasi untuk melakukan evakuasi dan menghentikan perdarahan yang terjadi agar volume darah tidak bertambah dan menekan otak yang dapat menimbulkan pergeseran yang dapat menimbulkan kerusakan lebih lanjut. Mengenai hal tersebut kami tidak dapat memastikan kemungkinan apakah dapat dioperasi atau tidak dimana hal ini perlu dikonsultasikan pada dokter yang menangani ayah Anda. Karena untuk dilakukan operasi diperlukan evaluasi baik dari kondisi umum dan juga kemungkinan-kemungkinan lain yang dapat terjadi jika dilakukan operasi dan setelahnya. Anda juga perlu berkonsultasi mengenai kondisi yang dapat mungkin terjadi dan langkah yang akan diambil selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya aborsi hanya bisa diminimalisis dengan bantuan perugas medis profesional

Bahaya Aborsi dan Hukumnya di Indonesia

Mengakhiri kehamilan adalah keputusan besar yang akan memengaruhi kondisi emosional dan psikologis seseorang. Menggugurkan kandungan juga memiliki berbagai risiko bagi kesehatan. Sebelum memutuskan untuk melakukannya, penting bagi tiap wanita untuk mengetahui hukum dan bahaya aborsi.