23 Feb 2021, 12:12Kandungan

Badan lemas saat haid kenapa ya?

PL
Info Penanya: PL0
Selamat siang dok saya mau bertanya dibulan pebruari ini saya sudah haid diawal bulan tepat tgl 1 dan ditanggal 21Peb semalam saya haid lagi tapi knp saya langsung masuk angin perut saya mual badan lemes udh minum obat udh kusuk udh segala cara tapi knp stiap bangun pagi saya selalu lemes itu knp ya dok?
11510 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore PLSiklus menstruasi atau haid wanita normalnya terjadi di rentang 21-35 hari terhitung dari hari pertama haid terakhir. Biasanya menjelang haid akan dirasakan gejala-gejala PMS (Premesntrual syndrome)

Penyebab Lemas Saat Haid

PMS ini dipengaruhi oleh lonjakan hormon reproduksi, tetapi tidak semua wanita mengalami gejala PMS. Gejala-gejala PMS ini bisa dirasakan hingga awal masa haid muncul. Badan yang terasa lemas saat haid juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah:
  • Hormonal
    Dimana kadar hormon estrogen dan progesteron di titik terendah sehingga menimbulkan rasa pusing, mual, lemas, nyeri perut, rasa tidak nyaman dan mudah emosi atau mood swing.
  • Anemia
    Anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh bisa diakibatkan karena perdarahan haid setiap bulannya diperberat dengan asupan nutrisi yang kurang untuk pembentukan sel darah merah. Gejala anemia bisa terjadi rasa lemas, pucat, nafas pendek, jantung berdebar-debar dan pusing atau keliyengan.
  • Dehidrasi
    Adanya perubahan hormon estrogen dan progesteron saat haid mempengaruhi jumlah air di tubuh dan berkurangnya cairan tubuh karena perdarahan haid. Kekurangan cairan tubuh menyebabkan rasa lemas, pusing.

Mengatasi Lemas Saat Haid

Anda bisa mengatasi keluhan anda dengan minum air putih hangat dan beristirahat. Bila terdapat nyeri perut anda bisa mengkompres hangat pada bagian yang sakit.Konsumsi air putih yang banyak serta makan makanan bergizi. Sangat penting pula untuk berolahraga rutin 3-4x seminggu selama 30 menit. Bila keluhan tidak membaik anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui chat untuk diberikan pengobatan terkait keluhan.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL 
siklus haidmenstruasikram menstruasigangguan menstruasipremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil