Apa resiko onani seminggu dua kali?

FH Info Penanya: FH, Pria, 19 Tahun
Dok,,saya melakukan masturbasi udh 2 th.sy masturbasi seminggu 2x..pendapat dokter gmn ya..apa itu terlalu sering..dan minta saran/solusinya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi FH,

Masturbasi atau onani adalah kegiatan untuk memberikan kepuasan seksual yang dilakukan sendiri ataupun menggunakan alat bantu. Onani atau masturbasi sendiri memiliki sisi negatif dan positif.

Sisi positifnya sendiri bisa membantu untuk menurunkan stres, menaikan beberapa hormon baik, membantu meningkatkan kualitas tidur, dan membantu mengetahui bagaimana menggapai orgasme. Tetapi jika terlalu sering dilakukan dan dilakukan dengan cara yang kasar ataupun menggunakan alat bantu dapat memicu sejumlah risiko seperti menimbulkan iritasi, bengkak dan luka pada kemaluan, menurunkan produktivitas jika kecanduan atau terlalu sering onani, menurunkan gairah seksual jika berhubungan langsung dengan pasangan nantinya jika terlalu sering melakukan onani, dan juga memiliki risiko penularan infeksi menular seksual jika menggunakan alat bantu.

Untuk itu onani bisa dilakukan sesekali dalam waktu 5-7 hari. Hindari konten pornografi atau konten yang merangsang seksual sehingga tidak terlalu sering onani, lakukan aktivitas lain seperti olahraga, melakukan hobi ataupun kegiatan lain agar tidak kecanduan onani dan juga perhatikan agar tetap dapat mengontrol hasrat untuk tidak sering melakukan onani, jika kesulitan bisa berkonsultasi dengan dokter secara langsung. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Semakin tua, kualitas sperma juga akan semakin berkurang, sehingga masa subur pria pun semakin memendek

Seputar Masa Subur Pria yang Penting Anda Pahami

Masa subur tidak hanya berlaku untuk wanita namun juga pria. Pada masa tertentu, kualitas sperma pria akan lebih baik. Sehingga, kemungkinan memiliki momongan pun akan semakin tinggi.