29 Aug 2020, 14:21Psikologi

Masturbasi apakah mengakibatkan kemandulan?

KD
Info Penanya: KD, Wanita, 23 Tahun
Halo dok. Mau tanya Apakah wanita yang suka dan sering (kdang 4x seminggu melakukan masturbasi sejak umur 15 sampai 23 tahun akan Berbahaya bagi rahim atau vagina? Tapi masturbasinya gak pernah memasukkan benda atau jari ke vagina namun Kdang cuman sekali mainin vagina dengan jari gak sampai masukin kedalam vagina... Apakah bisa mengakibatkan kemandulan atau kerusakan dalam rahim dan vagina di masa yang akan datang? Soalnya pengen berhenti tapi kdang hasrat itu muncul tiba2
2414 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang KD,Masturbasi merupakan kegiatan seksual dengan melakukan sentuhan atau kegiatan lain yang bertujuan memperolah kepuasan seksual. Aktivitas masturbasi ini tidak menimbulkan kemandulan tapi bisa berisiko lain seperti misalnya:
  • Menimbulkan risiko luka pada area kelamin
  • Menimbulkan risiko infeksi di vagina
  • Meningkatkan risiko kecanduan
  • Menimbulkan masalah psikologis seperti rasa bersalah
  • Bisa menimbulkan masalah sensitivitas dan memicu gangguan seksual
Untuk kerusakan rahim sendiri tidak bisa terjadi kecuali kalau sampai ada infeksi menular seksual misalnya jika melakukan masturbasi menggunakan alat bantu seks atau sex toys. Kecanduan dan mulai mencoba masturbasi dengan cara yang lebih ekstreme.Untuk mengurangi masturbasi bisa coba hindari paparan konten yang meingkatkan hasrat atau dorongan untuk melakukan masturbasi. Kalau sulit mengalihkan hasrat perlu coba atasi dengan mengalihkan pada pikiran yang lebih positif, coba lakukan hobi atau olahraga rutin, kegiatan harian. Kalau dirasa sulit bisa coba periksakan diri pada dokter atau psikiater untuk mengatasi kecanduan tersebut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P. 
masturbasiorgan intim wanitakepuasan seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil