Tentang ereksi, masturbasi, dan benjolan di penis

BH Info Penanya: BH
Selamat malam dok, saya mau bertanya Saat ini saya berusia 23 thn, namun besar penis saya tidak wajar. Keseringan layu, Dulu waktu smp sampai sekarang saya kecanduan masturbasi, namun reaksi penis saya akan lebih ereksi dan mengeluarkan air mani ketika melihat atau menghayalkan penis yg besar, dan saat ini diarea penis saya Seperti ada benjolan batu keras, itu pertanda apa ya dok? Dan apa solusinya supaya penis saya normal dan sehat terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, BH.

Penis adalah organ kelamin pria, yang memiliki lubang untuk mengeluarkan urine saat berkemih dan mengeluarkan sperma saat ejakulasi. Saat ejakulasi, penis akan mengalami ereksi terlebih dahulu. Ereksi tidak akan dialami seorang pria selama 24 jam dalam sehari, hanya di waktu-waktu tertentu misalnya saat bangun tidur atau ada rangsangan seksual.

Jadi, terkait cerita Anda bahwa penis Anda sering 'layu' atau tidak mengalami ereksi, hal tersebut masih normal karena memang ereksi tidak sepanjang hari. Selama Anda masih mengalami ereksi di saat-saat tertentu, berarti tidak ada masalah. 

Terkait masturbasi yang Anda lakukan, masturbasi adalah tindakan merangsang diri sendiri dengan atau tanpa alat bantu. Masturbasi memiliki dampak positif apabila dilakukan tidak berlebihan, misalnya membantu produksi hormon kebahagiaan dan membuat tidur lebih rileks. Tetapi, jika terlalu sering, masturbasi bisa berbahaya.

Untuk mengurangi kecanduan masturbasi, Anda bisa melakukan:

  • Apabila Anda sudah mempunyai pasangan, lakukan hubungan seks bersama istri
  • Alihkan pikiran Anda melakukan sesuatu yang positif, misalnya membaca, mengajar, bersedekah, dan hal-hal lainnya
  • Lebih sering berkumpul secara sosial
  • Rutin berolahraga
  • Beribadah dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa

Terakhir, terkait benjolan pada penis, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti misalnya luka atau radang, infeksi virus HPV, kutil kelamin, dan lain-lain. Akan lebih baik apabila penyebabnya diketahui secara pasti, baru diberikan penanganan yang tepat. Sebaiknya Anda juga berkonsultasi kepada dokter spesialis urologi terkait benjolan di penis Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat kutil kelamin dari dokter biasanya berbentuk salep atau gel

Kenali Obat Kutil Kelamin yang Ampuh atasi Iritasi Pada Kelamin

Obat kutil kelamin tidak dapat dibeli sembarangan membeli obat kutil kelamin tanpa resep dokter. Umumnya obat kelamin yang diberikan dokter berbentuk salep atau gel.