masrturbasi menyebabkan hamil ? dan haid tidak teratur

AS Info Penanya: AS, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya . Apakah masturbasi menyebabkann hamil ? Terus pertanyaan saya yg keduaa hampir 2bulan haid saya tidak teratur apakah saya masturbasi bisa hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AS

Masturbasi adalah upaya memberi stimulus seksual sendiri pada alat kelamin untuk mencapai kepuasan. Tindakan ini sering dilakukan jika seseorang merasa tidak puas atau membutuhkan tambahan rangsangan  seksual. Tindakan masturbasi pada wanita tidak menyebabkan kehamilan karena  tidak ada penetrasi penis dan tumpahan ejekulat sperma didalam vagina. Akan menjadi hamil jika ada sperma yang dimuntahkan ke dalam vagina dari penis. Masturbasi tidak berbahaya bagi kesehatan namun pada beberapa laporan jika terlalu sering akan membuat gangguan konsentrasi, lemas, lecet pada alat kelamin disertai masuknya infeksi, anda juga dapat kehilangan hasrat sensual dari pasangan anda. 

Gangguan haid dapat disebabkan banyak hal seperti stress, kegemukan, penggunaan alat kontrasepsi, adanya kista dan tumor ovarium serta mioma uteri. Jika terjadi gangguan haid saya sarankan agar anda tidak stres, hindari aktivitas berat, turunkan berat badan jika kegemukan. Anda juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan Sp.OG jika merasa gangguan haid sudah sering terjadi

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.