12 May 2021, 23:07Kandungan

Haid tidak teratur sejak suntik KB, terutama setelah berhubungan badan

SK
Info Penanya: SK, Wanita, 24 Tahun
Mau tanya dok, dari semenjak pertama suntik kb sya haid terus dan waktunya sangat lama paling lama 2 bulanan dan nggk teratur sebentar ada sebentar bersih darahnya. Sya pake yg 3 bulan sekali. Klo berhubungan bdan pasti keluar lagi pdhal sebelumnya nggk ada darah. Mohon perjelasannya dok trimaksih.
93 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi SK,Suntik adalah salah satu jenis alat kontrasepsi yang cukup sering digunakan oleh pasangan suami-istri yang ingin menunda kehamilan. Ada dua jenis suntik, yaitu 1 bulan dan 3 bulan. Suntik 3 bulan mengandung hormon progesteron sintetik, yang dapat mengentalkan dinding rahim sehingga sperma tidak dapat bertahan hidup, dan tidak membuahi sel telur. Hormon ini juga dapat mencegah pelepasan sel telur.Karena mengandung hormon, suntik 3 bulan dapat memicu perubahan hormon alami tubuh. Akibatnya, terjadilah gangguan haid. Gangguan tersebut dapat berupa flek berkepanjangan, flek hilang timbul, atau bahkan tidak haid sama sekali. Hal ini merupakan efek samping yang wajar selama tidak disertai dengan gejala lain, misalnya lemas atau pusing.Jadi, mengenai keluhan Anda haid selama 2 bulan yang hilang-timbul, kemungkinan itu adalah efek suntik. Apabila merasa tidak nyaman, Anda dapat beralih kepada kontrasepsi non-hormonal misalnya kondom atau IUD.Namun, perlu diperhatikan terkait keluhan keluar darah setelah berhubungan badan. Kemungkinan ini bukan efek samping suntik KB, namun ada penyakit di organ intim Anda. Beberapa penyakit yang dapat memicu perdarahan pasca berhubungan adalah:
  • polip vagina
  • infeksi menular seksual
  • penyakit radang panggul
  • kanker serviks
Untuk itu, disarankan tidak berhubungan intim dulu sementara waktu dan coba periksakan kondisi Anda kepada dokter kandungan. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk melihat organ intim Anda, kemudian diberikan terapi yang sesuai baik berupa obat atau rencana tindakan tertentu. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil