Masker madu untuk kulit sensitif

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Salam kenal dokter. Mau nanya-nanya dong. Ada yang bilang kalau maskeran pake madu itu bagus banget buat kulit. Kulit aku jenisnya sensitif. Kemaren aku memang sempet pake masker madu setelah pakai serum dari skincare korea. Beberapa menit kemudian muka aku gatal, merah-merah, dan bahkan mata bengkak dok. Bingung banget, padahal masker madu ini alami banget. Apa kulit sensitif ga cocok dengan madu atau kandungan dalam masker madu ini yang bermasalah? Mohon dijawab ya dok. terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Madu merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya dapat merawat kesehatan kulit, terutama wajah. Madu yang mengandung banyak antioksidan bisa dipakai untuk mengatasi jerawat, bekas jerawat, kulit yang keriput, hingga menyamarkan luka.

Cara penggunaan masker madu bisa dengan cara mencampurkan dengan bahan-bahan lain misal madu dengan lemon, madu dengan cuka apel dan air, madu dengan pisang atau madu dengan kayu manis untuk menimbulkan aroma yang menenangkan.

Perihal kasus Anda dimana setelah pemakaian skin care Anda melanjutkan dengan pemakaian madu dan muncul keluhan gatal, merah-merah, dan bahkan mata bengkak maka memang besar kemungkinannya terjadi reaksi alergi. Bisa saja terjadi reaksi ketidakcocokan antara serum yang sebelumnya Anda pakai dengan madu, atau mungkin Anda bisa alergi terhadap serumnya sendiri atau memang alergi dari madu. Bila suatu saat Anda ingin mencoba kembali, maka gunakan satu per satu secara terpisah, jangan digabung antara skin care dengan madu.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah menghindari produk skin care tersebut dan madu untuk sementara waktu. Minum obat golongan antihistamin untuk meredakan reaksi bengkaknya. Bila keluhan tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter kulit.

Karena meskipun menggunakan bahan-bahan alami seperti madu, lidah buaya, kentang, dll pada beberapa orang bisa tetap muncul reaksi alergi, terlebih bila kulit Anda sensitif. Cara perawatan kulit sensitif bisa dibaca di artikel berikut ini.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perawatan wajah seperti menggunakan masker dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pori-pori besar

Ingin Kecilkan Pori? Ini Dia Masker untuk Pori-Pori Besar

Ketika pori-pori di wajah semakin terlihat jelas, itu saatnya mencoba membuat masker untuk pori-pori besar. Mudah, murah, dan efektif jika rutin dilakukan.