Diajak berhubungan waktu kecil dan belum mengerti, apakah saat ini masih perawan ?

AN* Info Penanya: AN*
dok,saya mau tanya dulu saya waktu masih kacil sekitar 3 atau 4 tahun saya pernah berhubungan dengan om saya dan pada saat itu saya tidak tau apa-apa tentang sex,keperawanan,dll apakah saya masih perawan dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, PL.

Keperawanan merupakan konsep moralitas sosial individu di masyarakat yang tidak terdefinisi secara medis. Hingga saat ini tidak ada pemeriksaan medis khusus yang dapat mengidentifikasi keperawanan itu sendiri. Kendati sering kali dihubungkan dengan keadaan rusaknya hymen atau selaput dara, namun nyatanya keadaan rusaknya selaput dara tidak mutlak hanya disebabkan oleh hubungan seksual. Selaput dara dapat mengalami kerusakan atau robekan karena berbagai faktor seperti cedera, olahraga dan aktivitas lain-lainya. Sehingga tidak ada definisi khusus tentang keperawanan dari sudut pandang medis.

Adapun terlampir artikel seputar mitos keperawanan sebagai informasi tambahan untuk Anda.

Mengenai keadaan yang pernah Anda alami sebelumnya, saya pribadi ikut prihatin dan saya harap Anda dapat tetap maju untuk menjalani masa depan Anda. Untuk keadaan yang dialami tersebut sejatinya merupakan bentuk pelecehan seksual pada anak dibawah umur yang perlu diwaspadai agar tidak terjadi lagi di kemudian hari. Perihal keperawanan umumnya bukanlah merupakan permasalahan yang perlu dirisaukan. Yang terpenting saat ini adalah keadaan psikologis Anda. Pasalnya pengalaman tidak menyenangkan tersebut dapat menimbulkan gangguan mental berupa Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

Untuk itu ada baiknya saat ini Anda lebih fokus pada keadaaan psikologis dan kesehatan mental Anda secara menyeluruh. Jika dirasa membutuhkan bantuan untuk mengatasi efek samping psikologis yang timbul dari keadaan tersebut, ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan Psikolog.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obesitas dapat menjadi penyebab kanker ovarium

Jaga Berat Badan Anda, Obesitas dapat Jadi Penyebab Kanker Ovarium

Kanker ovarium seringkali tidak menunjukkan gejala apapun pada awalnya, sehingga terkadang tidak disadari. Selain itu, ada beberapa faktor risiko penyebab kanker ovarium seperti obesitas, bertambahnya usia hingga riwayat kesehatan keluarga yang mengalami kanker ovarium dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker ovarium.