Apakah masih perawan jika pernah melakukan hubungan suami istri?

WS Info Penanya: WS, Wanita, 2020 Tahun
Dok. Saya mau bertanya, ada anak tetangga saya masih kecil berumur 5 & 7 melakukan hubungan suami istri,apakah anak perempuan itu masih perawan atau kah tidak dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WS.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), salah satu definisi perawan adalah 'belum pernah bersetubuh dengan laki-laki'. Proses bersetubuh dilakukan dengan penetrasi, yaitu memasukkan penis pria ke dalam vagina wanita. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terlepas dari adanya robekan selaput dara atau tidak, seorang wanita dikatakan tidak perawan apabila sudah melakukan penetrasi saat persetubuhan.

Terkait pertanyaan Anda, mengacu pada penjelasan di atas, berarti anak perempuan tersebut sudah tidak perawan. Sebetulnya yang harus diperhatikan pada kondisi ini adalah apakah kedua anak tersebut melakukan hubungan suami istri dalam keadaan sadar dan mengerti? Siapa yang mengajari hal tersebut? Karena normalnya, anak berusia 5 dan 7 tahun bahkan belum memasuki masa pubertas, sehingga seharusnya belum memiliki keinginan untuk melakukan hubungan suami istri.

Oleh karena itu, apabila kedua anak tersebut mengalami efek psikologis seperti trauma atau hal lainnya, ada baiknya dikonsultasikan ke psikolog atau psikiater anak. Nantinya, mungkin akan diberi psikoterapi atau konseling bagi anak serta orang tuanya.

Terima kasih, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Setiap orangtua punya cara mendidik anak yang baik versi masing-masing, termasuk mereka yang memiliki anak dengan cerebral palsy.

Ini 8 Cara Mendidik Anak yang Baik untuk Penderita Cerebral Palsy

Setiap orang tua punya cara mendidik anak yang baik versi masing-masing. Namun, ada beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk mendidik anak penderita cerebral palsy, yaitu konsisten, buat perencanaan, hingga bangun rutinitas.