Masih 28 tahun tapi sering asam urat

IP Info Penanya: IP, Pria, 2019 Tahun
Dokter, umur saya masih 28 tahun, tapi sering asam urat, padahal nilai asam urat saya 7.2. Mengapa hal tersebut bisa terjadi ya? Kemudian, asam urat saya sering kambuh di bagian kaki yang sering cidera engkel.. Bagaimana cara mengatasinya ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore IPB,

Asam urat yang tinggi dapat timbull tidak hanya pada orang berusia lanjut saja tetapi juga bisa menyerang yang lebih muda. Asam urat merupakan sisa metabolisme dari purin. Jadi ketika banyak mengonsumsi makanan mengandung purin dapat menimbulkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Normalnya pada pria kadaranya adalah kurang dari 7 mg/dL dan pada wanita kurang dari 5,6 mg/dL.

Asam urat yang tinggi dapat menimbulkan peradangan pada sendi, meningkatkan risiko batu ginjal dan juga benjolan pada sendi akibat penumpukan asam urat. Untuk mengatasinya perlu dilakukan beberapa upaya seperti:

  • Menghindari makanan yang tinggi puritn seperti makanan olahan laut, daging merah, jeroan seperti usus, otak, paru, jantung, dan lainnya
  • Mengurangi atau membatasi asupan garam
  • Perbanyak minum air putih 
  • Hindari konsumsi alkohol
  • Jaga berat badan ideal
  • Berolahraga secara teratur
  • Kompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin

Jika keluhan bertambah berat periksakan diri pada dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk diberikan pengobatan baik untuk mengatasi gejala yang timbul juga untuk membantu tubuh mengurangi kadar asam urat. Hindari mengobati diri sendiri saat keluhan timbul karena beberapa pengobatan asam urat bisa memperburuk gejala saat sedang terjadi serangan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit arthritis salah satu penyebabnya adalah faktor genetik

Faktor Genetik Bisa Buat Anda Alami Penyakit Arthritis

Penyakit artritis dalah peradangan yang memengaruhi sendi, jaringan sekitar sendi, dan jaringan ikat. Gejala umumnya adalah nyeri, kaku dan bengkak. Penyebab dari penyakit ini adalah faktor genetik, gangguan sistem imun.