Benjolan di vagina yang tidak sakit, apakah berbahaya ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 41 Tahun
Hallo dok,, Saya mau Tanya Saya ibu rmh tangga ber anak satu Saya kog ada benjolan vagina Saya yg sblh kiri bulat agak keras kecil seperti klenteng isi kapas tidak terasa sakit Apa itu berbahaya dokTrimakasi mohon solusinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, M.

Benjolan di vagina merupakan keadaan yang dapat diakibatkan oleh berbagai kondisi medis. Mulai dari yang bersifat ringan hingga yang lebih serius, serta ada yang dapat menular maupun tidak.

Beberapa kondisi medis yang dapat mengakibatkan munculnya benjolan di vagina, antara lainnya ialah :

Mengenai keluhan yang Anda alami, salah satu kondisi medis diatas mungkin merupakan penyebabnya. Salah satu yang paling umum terjadi adalah kista kelenjar bartholin. Namun diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosis dan penyebab pasti dari keadaan yang Anda alami. Apabila benar berupa kista bartholin, maka umumnya tidak berbahaya dan pada keadaan yang ringan dapat membaik dengan sendirinya. Terkecuali jika terjadi infeksi sekunder yang mengakibatkan kista terisi oleh nanah, maka perlu tindakan untuk mengeluarkan nanah tersebut.

Untuk sementara Anda dapat mengompres benjolan dengan air hangat dan senantiasalah menjaga higienitas personal tanpa perlu menggunakan sabun pembasuh vagina yang dijual bebas dipasaran karena dapat mengganggu flora normal vagina. Jika terdapat keluhan nyeri Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek.

Jika keluhan tidak kunjung membaik dan disertai nyeri yang semakin memberat, periksakanlah ke dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.  Salam sehat,  dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bisul di vagina bisa diobati dengan kompres hangat

Penyebab Bisul di Vagina dan Cara Mengobatinya

Bisul di vagina bisa diatasi dengan kompres air hangat, obat, maupun salep. Jika bisul tidak juga sembuh dalam waktu dua minggu, maka sebaiknya Anda memeriksakan kondisi tersebut ke dokter.