08 Oct 2021, 12:03Kulit & Kelamin

Penyebab testis hanya 1

AA
Info Penanya: AA0
Dok saya ingin bertanya,sebelum di sunat Testis saya ada 2 ,tapi setelah di sunat testis saya jadi 1.yang sebelah kanan menghilang,jadi saya ingin bertanya apakah testis 1 masih bisa masuk menjadi anggota tni?
96 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, A.Normalnya testis berjumlah 2 dimana testis mulai turun ke dalam kantung zakar saat janin akan segera lahir. Namun pada beberapa kondisi testis tidak turun atau dalam istilah medis disebut dengan kriptokismus. 

Apa yang menyebabkan testis hanya 1 ?

Anda saat sebelum di sunat testis ada 2, tapi setelah di sunat testis hanya 1. Mungkin Anda salah melakukan pemeriksaan sebelum sunat dimana memang dari awal testis berjumlah 1. Selain itu, testis yang hanya 1 dimana sebelumnya ada 2 bisa terjadi akibat mengecilnya testis sehingga tidak teraba.Beberapa kondisi yang menyebabkan testis hanya 1 atau testis mengecil antara lain :
  • Atrofi testis.
  • Testis retraktil dimana kondisi testis tertarik ke dalam rongga perut karena angkat beban berat maupun olahraga.
  • Konsumsi obat hormonal.
  • Testis menghilang (vanishing testis).
  • Benturan pada testis.
  • Lahir prematur.
  • BBLR.
  • Ibu mengkonsumsi alkohol atau mempunyai diabetes selama mengandung.
  • Riwayat kriptokismus di keluarga.
Perlihal pertanyaan Anda apakah testis 1 masih bisa masuk menjadi anggota TNI, mohon maaf kami tidak dapat menjawabnya. Anda dapat bertanya secara langsung mengenai syarat masuk menjadi anggota TNI. Selain itu Anda dapat memastikan apakah memang testis cuma ada 1 atau apakah ada penyakit lain yang menyebabkan testis Anda menghilang di dokter bedah maupun dokter urologi. Saat ini Anda harus tetap menjaga kesehatan baik fisik dan organ reproduksi, olahraga, makan bergizi, istirahat cukup agar tubuh fit dan bebas penyakit.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
nyeri testiskesehatan organ intimkriptorkismus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil