Kenapa terlambat haid?

SU Info Penanya: SU, Pria, 26 Tahun
Dok, saya umur 27 tahun. Bulan kemarin saya haid tgl 25juni, tp sampai sekarang 4juli belum haid Dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SU,

Apa benar yang Anda maksud terakhir haid tanggal 25 Juni? Bila benar terakhir haid tanggal 25 Juni maka tentu saja sekarang tanggal 4 Juli tidak akan haid, karena siklus haid normal adalah 21-35 hari sekali. Bagaimana mungkin dalam 9 hari Anda mengharap datang haid lagi?

Bila yang Anda maksud terakhir haid tanggal 25 Mei, maka bila dianggap Anda memiliki siklus haid 30 hari, maka bisa diartikan Anda sudah terlambat haid selama 9 hari dan Anda bisa melakukan tes pack bila sebelumnya ada riwayat berhubungan seksual.

Bila hasilnya 2 garis tegas maka Anda sedang hamil. Namun bila hasilnya 2 garis namun ada garis yang samar maka Anda perlu melakukan tes pack ulang jarak 1 minggu kemudian dari tes pack yang pertama untuk memastikan hasilnya.

Selain kehamilan, terlambat haid juga bisa disebabkan faktor kelelahan, stres, perubahan berat badan, dll. Jadi Anda tidak perlu cemas berlebihan. Lakukan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan Anda atau konsultasi dengan dokter kandungan bila Anda tidak kunjung haid. Dokter akan melakukan USG untuk memastikan kondisi organ reproduksi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Siklus Menstruasi yang Normal dan Membedakannya dengan yang Tidak Normal

Mengetahui siklus menstruasi tidak cuma membantu merencanakan kehamilan, tapi juga mengantisipasi gangguan kesehatan. Siklus menstruasi normal itu seperti apa?