12 Jun 2021, 15:49Kandungan

Telat menstruasi setelah berhubungan, apakah karena kehamilan ?

TS
Info Penanya: TS0
Dok mau nanya saya bulan kemarin haid tapi bulan ini udah terasa mau haid tapi tibatiba blm muncul haid saya tapi sebelumnya saya berhubungan seksual bisa tolong dijawab dok
141 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, T.Belum kunjung haid membuat takut wanita terlebih sudah melakukan hubungan seksual tetapi tidak ingin memiliki anak, lupa minum pil KB, terlewat jadwal suntik KB, atau anak yang sudah banyak. Tetapi telat haid tidak hanya dialami oleh wanita sudah berhubungan seksual saja, dapat pula terjadi pada wanita remaja yang belum berhubungan sama sekali.

Apa yang menyebabkan telat haid setelah berhubungan ? 

Anda yang bulan lalu haid namun bulan ini belum kunjung haid dimana sebelumnya Anda berhubungan seksual maka penyebabnya bisa karena berbagai faktor antara lain :
  • Kehamilan terutama saat Anda berhubungan tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Anda dapat melakukan pemeriksaan test pack segera dan ulangi kembali dengan jarak 1 minggu jika hasil masih samar.
  • Stress dan takut terjadi kehamilan.
  • Penggunaan alat kontrasepsi.
  • Gangguan hormon tiroid.
  • PCOS.
  • Gangguan ovulasi.
  • Berat badan tidak stabil.
Jika Anda belum ingin memiliki anak, saat hasil pemeriksaan test pack negatif sebanyak 2 kali, maka segera gunakan alat kontrasepsi. Anda bisa memilih alat kontrasepsi yang cocok dan nyaman bagi Anda serta pasangan. Jika hasil test pack positif maka segera lakukan USG di dokter spesialis kandungan ya. Jaga kesehatan dan kandungan. Makan bergizi, istirahat cukup serta konsumsi vitamin.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil