Apakah penyebab terlambat datang bulan?

WS Info Penanya: WS, Wanita, 28 Tahun
Selamat malam dok ..mohon penjelasannya Bulan Maret tgl 22-28 saya masih haid ..kemudian pada bulan April saya sudah tidak haid lagi (telat dtg bulan) sampai saat ini tgl 5 Mei saya belum juga dtg bulan ...tapi hasil dari tes kehamilan saya sendiri negativ dok ..apakah kemungkinan saya hamil atau bagaimana ya dok mohon penjelasannya ya dok trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WS

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 Siklus menstruasi pada wanita dikatakan normal saat berkisar pada 21 - 35 hari. Rata-rata wanita memeiliki siklus 28 hari. Selain karena adanya kehamilan, terlambatnya menstruasi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Adapun beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Adanya gangguan hormonal
  • Adanya gangguan pada organ reproduksi wanita
  • Stres
  • Kelelahan fisik
  • PCOS
  • Perubahan berat badan yang terlalu mendadak
  • Kondisi status gizi seseorang (terlalu gemuk / terlalu kurus)

Kehamilan adalah hal yang diinginkan hampir setiap pasangan. Tanda pasti dari kehamilan selain hasil dari tes kehamilan, bisa juga di deteksi dengan pemeriksaan fisik oleh dokter dan juga pemeriksaan USG kehamilan. Jika Anda sudah melakukan tes kehamilan dan hasilnya negatif, Anda bisa mengulang kembali dengan jeda 1 minggu kemudian. Jika Anda ragu-ragu dengan hasilnya, atau masih belum ada tanda-tanda menstruasi, segera periksakan diri Anda ke dokter sepsialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan. Agar dapat ditentukan penyebabnya serta dilakukan penatalaksanaan yang sesuai dari hasil pemeriksaan. 

Pastikan Anda menghindari stres, istirahat cukup, makan makanan bergizi seimbang, mencukupi kebutuhan cairan harian, serta melakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Semoga bermanfaat

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perimenopause adalah masa menuju menopause yang dapat dialami oleh wanita berusia 30-40 tahun

Perimenopause Adalah Masa Peralihan ke Menopause, Begini Ciri-cirinya

Perimenopause adalah masa menuju menopause yang dapat dialami oleh wanita berusia 30-40 tahun