12 Jun 2020, 08:03Penyakit Lainnya

Apa akibat memakai earphone?

AW
Info Penanya: AW0
Saya suka memakai earphone untuk jangka waktu lama dan volume cukup besar. Tapi akhir akhir ini telinga sebelah kanan saya setiap menghela/mengeluarkan nafas selalu berbunyi letupan kecil, walau tidak sakit namun cukup menggangu. Dan saat saya memakai earphone lagi, telinga saya terasa tidak nyaman, jadi sekarang saya membatasi penggunaan earphone.Sebenarnya ada apa dengan telinga sebelah kanan saya? Apa sebaiknya ke RS?
9778 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam AW,Telinga adalah salah satu bagian tubuh yang seringkali mengalami gangguan, terlebih bila Anda sering menggunakan earphone dalam waktu lama dan volume suara yang keras. Tanpa disadari hal ini akan menyebabkan kerusakan saraf telinga Anda, yang dapat bersifat permanen tergantung kerusakannya separah apa.

Beberapa penyebab telinga tidak nyaman:

  • Infeksi telinga. Bisa terjadi akibat infeksi bakteri atau jamur, yang sering muncul keluhan nyeri telinga, keluar cairan dari telinga, atau telinga berdenging.
  • Sinusitis. Tanpa disadari gangguan pada hidung juga bisa menyebar hingga ke telinga karena memiliki saluran yang sama.
  • Pemakaian earphone dalam waktu lama, dan volume suara yang kencang, terlebih bila earphone digunakan secara bergantian.
  • Sering menggorek telinga.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan telinga yang tidak nyaman tersebut adalah:

  • Minum paracetamol untuk meredakan keluhannya.
  • Hindari mengorek-ngorek telinga.
  • Hindari pemakaian earphone.
  • Kompres telinga bagian luar menggunakan air hangat.
Bila keluhan sudah berlangsung lama, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter THT agar bisa segera dipastikan penyebabnya dan ditangani dengan baik.Salam sehat,dr. Vina
gendang telinga pecahobstruksi telingainfeksi telinga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil