14 Aug 2021, 23:00Perut

Perut ditekan jadi sesak.

AS
Info Penanya: AS0
Assalamualaikum dok,saya mau bertanya,kenapa di bagian bawah pusar saya kali di tekan itu bawaannya jadi sesak,padahal nekan nya tidak terlalu kuat? Mohon untuk di jawab ya dok??
99 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi AS,Perut adalah bagian tubuh manusia yang didalamnya tersimpan berbagai macam organ mulai dari lambung, kantong empedu, pankreas, ginjal, usus, kandung kencing serta organ-organ reproduksi seperti rahim, ovarium, dll.Karena sebagian besar perut diisi oleh usus, maka seharusnya perut tidak boleh dipijat karena tindakan memijat perut bisa mengganggu pergerakan usus dan menimbulkan masalah yang disebut dengan ileus. Perihal kondisi Anda maka perlu diketahui mengapa Anda menekan perut Anda? Apakah menekan perut tersebut dilakukan dalam kondisi sudah makan atau belum? Adakah keluhan lain yang menyertainya?

Kemungkinan penyebabnya sesak napas bisa terjadi akibat:

  • Anda menahan rasa nyerinya.
  • Dilakukan dalam keadaan setelah makan.
  • Ada proses infeksi.
Jika keluhan tersebut dirasakan terus menerus maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam untuk memastikan penyebabnya. Nantinya dokter akan menyarankan USG atau foto rontgen paru guna mengetahui penyebabnya.Sementara yang dapat Anda lakukan adalah biasakan makan dengan teratur, kompres perutnya menggunakan air hangat, dan hindari makan makanan pedas. Perut jangan ditekan-tekan jika tidak ada kepentingan.Salam sehat,dr. Vina
gerdsesak napassakit perut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil