Apakah gigi geraham masih bisa tumbuh?

FL Info Penanya: FL, Wanita, 20 Tahun
selamat siang Dok, saya Farida usia 20 th baru bulan ini. Tanya Dok gigi geraham saya sudah ompong di sebelah kiri 1 dan kanan 1. Apa masih ada solusi untuk menumbuhkan gigi kembali? atau setidaknya memperbaiki agar jumlah gigi geraham saya bisa utuh lagi, tidak bolong. Trimakasih Dok ???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Gigi pada manusia terdapat gigi susu dan gigi dewasa. Gigi susu adalah gigi yang tumbuh saat usia balita yang kemudian seiring mencapai usia remaja, satu persatu gigi susu tersebut akan tanggal dan digantikan oleh gigi dewasa. Umumnya, gigi susu sudah tergantikan seluruhnya dengan gigi dewasa pada usia kurang lebih 15 tahun. Ketika gigi susu sudah sepenuhya diganti oleh gigi dewasa, namun gigi dewasa tersebut terjadi kerusakan (gigi berlubang parah) dan diharuskan untuk dilakukan pencabutan, maka gigi tersbut tidak akan bisa tumbuh lagi.

Terkait dangan apa yang Anda tanyakan, perlunya dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi untuk mengetahui apkaah masih ada benih gigi atau tidak di posisi  gigi geraham tersebut. Selain pemeriksana fisik pada gigi, dokter gigi mungkin akan melakukan berberapa pemeriksaan tambahan seperti x-ray (rontgen). Bilamana ternyata sudah tidak ditemukan benih gigi, dokter gigi mungkin akan memberikan solusi dengan memberikan gigi palsu ataupun beberapa pilihan yang lain yang bisa Anda diskusikan dengan dokter gigi. Oleh karena itu, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat.

Beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menecegah gigi berlubang adalah:

  • Menggosok gigi setiap sesudah makan dan sebelum tidur
  • Gunakanlah pasta gigi dan sikat gigi yang sesuai dengan kondisi gigi dan gusi Anda
  • Konsumsilah makanan sehat dan bergizi seimbang
  • Hindari minuman / makanan yang terlalu manis
  • Hindari minuman bersoda / kafein (kopi) / alkohol
  • Hindari merokok
  • Perbanyak sayur dan buah-buahan
  • Cukupi kebutuhan cairan harian agar tidak dehidrasi

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh FL
27 Jul 2020, 12:15
terimakasih Dok atas jwbannya, lalu apakah lubang gigi tsb bisa diperbaiki dgn cara di tambal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
30 Jul 2020, 07:16
Selamat pagi, FL.
samsama, semoga bermanfaat.
untuk penanganan lebih lanjut akan diperiksa terlebih dahulu keadaannya oleh dokter Gigi. Jika tidak memungkinkan dilakukannya penambalan, umumnya akan disarankan pengunaan gigi palsu.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak cara menghilangkan gigi hitam yang bisa dicoba

Cara Mengilangkan Gigi Hitam untuk Kembali Dapatkan Senyum Menawan

Cara menghilangkan gigi hitam yang efektif harus sesuai dengan penyebabnya. Penanganan gigi hitam karena lubang tentu akan berbeda dari yang terjadi akibat kebiasaan merokok. Sehingga, Anda perlu berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter gigi.