Nyeri BAK dan keluar cairan dari penis, kenapa?

AM Info Penanya: AM, Pria, 20 Tahun
Dok kenapa yah ketika saya buang air kecil terasa perih .? Dan penis saya sering kali mengeluarkan cairan putih yang kadang bau kadang juga tidak berbau.? Ini saya rasakan sejak kemarin dok. Mohon di jawab dok saya takut kalo saya ada apa2
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AM.

Penis adalah organ kelamin pria, yang berfungsi dalam proses berkemih dan reproduksi. Saat proses berkemih, penis akan mengeluarkan urine tanpa nyeri atau perih. Sedangkan saat proses reproduksi, cairan normal yang dikeluarkan penis adalah cairan semen (pre-ejakulasi) atau sperma (saat ejakulasi).

Terkait kondisi Anda, rasa nyeri saat buang air kecil dan cairan penis putih yang berbau termasuk tidak normal. Hal ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah pada penis Anda. Biasanya, kondisi seperti ini paling sering disebabkan karena infeksi menular seksual pasca melakukan hubungan intim berisiko. Contoh penyakit menular seksual adalah gonore, trikomoniasis, klamidia, dan herpes genital.

Selain penyakit menular seksual, kondisi Anda juga bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, atau smegma apabila Anda tidak disunat. Untuk memastikan, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter spesialis kulit dan kelamin agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang.

Untuk sementara, hal-hal yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Minum air putih yang cukup
  • Menjaga kebersihan penis
  • Menggunakan celana longgar dengan bahan menyerap keringat
  • Menghindari berhubungan seks untuk sementara, atau menggunakan kondom untuk mencegah penularan

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciuman menularkan HIV dapat terjadi jika kedua individu memiliki sariawan atau gusi berdarah serta salah satunya menderita HIV

Ciuman Menularkan HIV, Benarkah Penularan HIV Melalui Air Liur Dapat Terjadi?

Banyak orang beranggapan bahwa ciuman menularkan HIV. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Penularan virus melalui ciuman dengan penderita HIV dapat terjadi jika aktivitas tersebut menimbulkan luka.