Masalah Menstruasi yang Tidak Teratur dan Kesuburan

YN Info Penanya: YN, Wanita, 34 Tahun
Selamat siang dokter, saya ingin bertanya seputar menstruasi, apakah benar masa menstruasi yang normal adalah tiga sampai tujuh hari? Jika masa menstruasi hanya berlangsung selama tiga hari (darah keluar semua) tetapi di hari keempat sampai kesembilan tidak keluar darah lagi, apakah masa menstruasi tersebut masih bisa dikategorikan normal? Karena saya awalnya berpikir bahwa masa menstruasi hanya tiga hari saja, sehingga setelahnya saya dapat berhubungan seksual dengan suami saya. Saya juga pernah mengalami keputihan yang bening dan tidak terputus yang mendadak muncul pada hari kesepuluh atau kesebelas. Namun, pada keputihan tersebut masih ada bercak darah dari menstruasi saya. Hal ini tetap muncul sampai sekarang. Sebelum saya menikah, siklus menstruasi saya normalnya berlangsung tiga sampai tujuh hari dan kemudian saya sudah bersih. Berdasarkan pemaparan tadi, apakah siklus menstruasi saya termasuk normal atau tidak? Apakah hal tersebut memiliki pengaruh terhadap kesuburan saya? Saya khawatir jika hal tersebut berhubungan karena sampai sekarang saya dan suami saya belum memiliki anak, padahal kami sudah menikah selama 11 bulan. Selain itu, apakah hal tersebut juga berkaitan dengan konsumsi OAT TB kelenjar yang saya konsumsi atau mungkin hal ini karena faktor hormonal? Dan, apakah ada cara untuk menghitung masa subur? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu YN, 

Siklus menstruasi adalah masa atau siklus yang dihitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya. Dan siklus ini bervariasi untuk setiap wanita jadi tidak sama untuk setiap wanita. Rentang waktu untuk silkus haid ini adalah 21 hari sampai 35 hari. Masa perdarahan atau waktu keluarnya darah menstruasi adalah 2 sampai 7 hari, inipun berbeda untuk setiap wanita, dan merupakan kondisi yang normal secara umum. Keputihan yang terjadi sebelum atau sesudah haid adalah kondisi yang normal terjadi pada wanita. Bila keputihan terjadi setelah haid, maka kemungkinan masih ada sisa-sisa perdarahan akibat haid, sehingga terlihat masih ada darah di keputihan.

Masa Subur pada wanita ada 2 maca yaitu :

  1. Bila dihitung pada wanita dengan siklus haid yang tetap, artinya jarak antara haid sekarang dan haid berikutnya tetap sama dan tidak berubah, contohnya 30 hari. Maka perhitungan masa subur adalah 30 dibagi 2 kemudian dikurangi 1 :
  • Perkiraan masa subur untuk wanita dengan siklus haid tetap 30 hari adalah 14, artinya pada hari ke 14 dari haid hari pertama, wanita ini berada dalam masa subur.
  • Pada hari ke 13 dan hari ke 15 dan 16 masih masuk dalam perkiraan masa subur
  1. Untuk wanita yang siklus haidnya tidak tetap, maka caranya adalah sbb :
  • Catat siklus haid selama 6 bulan berturut-turut, atau 6 siklus berturut-turut
  • Hari pertama masa subur adalah jumlah hari terpendek dikurangi 18
  • Hari terakhir masa subur adalah jumlah hari terpanjang dikurangi 11

Contoh : wanita dengan siklus terpendek 28 hari dan siklus terpanjang adalah 31 hari, maka :

  • Hari pertama masa subur adalah 28 dikurangi 18 = 10
  • Hari terakhir masa subur adalah 31 dikurangi 11 = 20
  • Sehingga perkiraan masa subur wanita ini adalah hari ke 10 sampai hari ke 20 sejak haid hari pertama.

Tidak ada hubungan antara kesuburan dengan Obat Anti Tuberkulosis yang Ibu minum saat ini. Walaupun nanti hamil dan Ibu harus melanjutkan minum OAT maka hal inipun aman, selama Ibu melakukan konsultasi dengan Dokter dan Dokter akan menyesuaikan obat apa yang harus diteruskan. Saran kami sebaiknya Ibu dan suami dapat melakukan kunjungan dan berkonsultasi tentang kesuburan di Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan (SpOG) terdekat.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi endometrium pada tubuh wanita berhubungan dengan proses reproduksi

Inilah Peran dan Fungsi Endometrium untuk Kesehatan Wanita

Fungsi endometrium pada tubuh wanita berhubungan dengan proses reproduksi. Bagian ini memiliki peran penting dalam siklus menstruasi serta selama masa kehamilan.