Flek menjelang haid atau tanda hamil?

R Info Penanya: R
halo dok, 5 hari yg lalu pasangan saya menggesek gesekan kemaluannya di vagina saya, lalu dia mengalami ejakulasi saat berbalik badan. sekarang saya mendapatkan flek berwarna coklat, tidak berbau, namun sedikit menggumpal. apakah ini gejala menstruasi dok? karena saya sudah terlambat selama 2 hari. atau apakah ini tanda kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi R,

Petting adalah aktivitas seksual yang dilakukan bila seseorang ingin berhubungan seksual namun belum menghendaki terjadinya kehamilan atau dilakukan oleh pasangan yang belum menikah.

Perlu diketahui bahwa saat penis mendapat rangsangan, maka penis akan mengalami ereksi dan mengeluarkan cairan pra ejakulasi yang sudah mengandung sperma. Sehingga bila cairan ini menyentuh vagina, terlebih vagina yang sudah licin akibat adanya lendir maka sperma ini bisa masuk ke dalam vagina dan terjadi pembuahan. Namun tentunya kemungkinan terjadinya kehamilan lebih kecil bila penis tidak penetrasi ke dalam vagina dan tidak ejakulasi langsung, namun bukan berarti tidak mungkin hamil bila melakukan petting.

Perihal darah yang keluar ada 2 kemungkinannya seperti:

  • Memang darah haid.
  • Proses implantasi janin di mana darah yang keluar berwarna pink atau kecokelatan dan terjadi setelah hari ke 6 setelah berhubungan seksual. Durasinya hanya sebentar sekitar beberapa jam hingga 3 hari saja.

Untuk memastikannya Anda perlu melakukan tes pack, bila hasilnya negatif maka darah tersebut adalah darah haid biasa. Bila hasilnya positif maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG.

Dan sebaiknya gunakan kondom atau KB bila belum siap hamil.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melahirkan di air dapat mempercepat kelahiran, tetapi tidak lepas dari risiko-risiko tertentu

Ketahui Hal Ini Sebelum Menjalani Persalinan Water Birth

Melahirkan di air (water birth) memiliki banyak manfaat, seperti mempercepat kelahiran dan mengurangi rasa sakit. Namun, jika Anda mengalami dibetes, posisi bayi sungsang, dan infeksi sebaiknya tidak melakukan water birth.