Masalah lutut dan gampang kesemutan

RF Info Penanya: RF, Pria
Sepertinya kaki saya bermasalah terutama lutut, beberapa bulan ini setiap saya jongkok tidak lama kemudian kaki saya kesemutan. Kira2 itu sebabkan apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RF,

Kesemutan merupakan sensasi kulit yang dirasakan seperti tertusuk jarum atau panas, dan hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  1. Posisi duduk yang salah yang mengakibatkan salah satu sisi tubuh tertindih sisi tubuh yang lainnya.
  2. Radikulopati, dimana terjadi  penekanan atau peradangan pada akar saraf yang keluar dari medula spinalis.
  3. Neuropati, merupakan kerusakan saraf yang bisa disebabkan oleh stroke, tumor otak, penyakit autoimun.
  4. Obat-obatan kemoterapi.

Beberapa tips yang dapat dicoba untuk menghindari keluhan kesemutan muncul adalah :

  1. Duduk dengan posisi yang benar, hindari menyilangkan kaki. Bila jongkok, gunakan bangku kecil agar saraf di kaki tidak terjepit.
  2. Hindari duduk, jongkok dalam waktu lama, lakukan relaksasi seperti berdiri dan jalan beberapa saat untuk melenturkan otot agar tidak kram.
  3. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan serta protein seperti daging, ikan, dan telur yang berfungsi untuk melindungi saraf dari defisiensi vitamin B12.
  4. Menghindari faktor yang merusak saraf, seperti konsumsi alkohol dan merokok (baik perokok aktif maupun perokok pasif).

Bila keluhan kesemutan semakin sering hingga muncul nyeri pada kaki, segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

CMT ditandai dengan adanya kerusakan pada sistem saraf sensorik dan motorik

Charcot-Marie-Tooth (CMT): Kelainan pada Sistem Saraf

Charcot-Marie-Tooth (CMT) merupakan penyakit jenis neuropati yang terjadi sejak lahir. Kelainan pada sistem saraf yang terjadi dalam penyakit CMT diakibatkan mutasi gen yang berperan dalam pembentukan saraf. CMT memiliki tiga tipe yang memiliki karakteristik yang berbeda. Kelainan pada sistem saraf pada CMT tidak berbahaya, namun dapat mengganggu kualitas hidup seseorang.