Masalah kutil

VS Info Penanya: VS, Pria, 25 Tahun
Cara menyembuhkan kutil di kelamin dan terasa gatal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, VS.

Kutil kelamin atau yang dalam bahasa medis disebut dengan kondiloma adalah salah satu jenis dari infeksi menular seksual yang umum terjadi, dan daapt ditularkan melalui hubungan seksual secara vaginal, oral maupun anal. Kondiloma disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) yang ditularkan melalui hubungan seksual. Walaupun wanita lebih rentan terserang kutil kelamin, namun penyakit ini tidak jarang dialami pria.

Gejala yang dialami biasanya berupa beberapa benjolan kecil atau kutil yang menyatu dan menyerupai bentuk kembang kol. Dapat terasa gatal pada area genital dan menimbulkan pembengkakkan kecil berwarna lebih gelap dari kulit . Pada pria, kutil kelamin umumnya terdapat pada penis, skrotum dan anus. Serta bagi, orang yang melakukan hubungan seksual secara oral dengan seseorang yang terinfeksi, kutil dapat tumbuh di daerah mulut atau tenggorokan. Namun, kutil kelamin ini jenisnya berbeda dengan kutil yang tumbuh pada tangan atau kaki walaupun disebabkan juga oleh HPV, tetapi memiliki strain yang berbeda.

Terkait dengan pertanyaan Anda, pada dasarnya kutil kelamin dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, terutama pada kondisi yang tidak menimbulkan gejala. Namun, virus HPV dapat menetap dalam tubuh, sehingga keluhan dapat berulang dan seseorang yang menderita HPV ini berisiko untuk menularkan kepada orang lain. Bagi keluhan yang terasa gatal dan sakit, dokter dapat memberikan resep obat-obatan tertentu seperti asam trikloroasetat, dan untuk kutil kelamin yang berukuran besar dan tidak memberikan respon bermakna pada obat-obatan, dokter akan menyarankan untuk dilakukan prosedur operasi.

Untuk penanganan kutil kelamin ini sebaiknya dilakukan secara langsung oleh dokter karena pengobatannya perlu dilakukan secara khusus dan spesifik. Hindari penggunaan obat kutil yang dijual bebas karena umumnya obat tersebut diperuntukan sebagai obat kutil pada tangan, sehingga jika digunakan pada kelamin dapat mengakibatkan iritasi dan memperparah keluhan gatal dan sakit yang dirasakan.

Berikut terlampir artikel terkait "cara mengobati kutil kelamin secara alami", sebagai informasi tambahan.

Jika keluhan tidak kunjung membaik, segeralah menemui dokter Spesialis Kulit dan Kelamin.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Labia mayora berbentuk kulit memanjang dari bagian depan vulva

Mengenal Labia Mayora, Bibir Pelindung Area Kewanitaan

Labia mayora adalah sepasang kulit tempat tumbuhnya rambut kemaluan yang berfungsi melindungi bagian dalam vulva. Kebersihan labia mayora perlu selalu dijaga.